Pengertian Sistem Pasar Bebas, Fungsi dan Dampaknya

loading...
Advertisement


loading...

Sistem Pasar Bebas

Pengertian sistem pasar bebas | Fungsi pasar bebas | Dampak sistem pasar bebas | Apa itu sistem pasar besar? Ini merupakan sistem perekonomian yang ada dalam Negara kapitalis pada umumnya. Sistem pasar bebas atau laissez faire (perekonomian pasar). Kata laissez faire berasal dari bahasa Prancis yang mengandung arti “Biarlah mereka melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan mereka”. 
Dalam sistem ini masyarakat diberi kesempatan dan kebebasan penuh untuk menentukan kegiatan ekonomi yang ingin mereka lakukan dan pemerintah sama sekali tidak ikut campur tangan serta tida berusahan memengaruhi kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat.
Pada sistem pasar bebas, apa yang diinginkan konsumen langsung dicetuskan di pasar dan merupakan dasar untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas. Jika tren/kecenderungan konsumen menginginkan lebih banyak ikan misalnya, maka para pedagang akan menaikkan harga ikan. Di sisi lain, harga pasar ikan yang tinggi akan mendorong perusahaan penangkapan dan pengalengan ikan akan menyediakan lebih banyak jam kerja untuk menangkap dan mengolah ikan tersebut. Bahkan, di antara mereka ada yang berani menanamkan modal untuk memperbanyak kapal penangkap ikan. Akibatnya selanjutnya, penawaran melebihi permintaan konsumen sehingga harga akan kembali turun. Dengan demikian permintaan konsumen perlahan lahan meningkat kembali. 
Penyesuaian seperti ini sering disebut sebagai the invisible hand (tangan yang tidak terlihat) yang merupakan mekanisme sistem pasar bebas dalam mengarahkan keputusan ekonomi. Ungkapan yang terkenal ini diutarakan oleh, Bapak ekonomi modern Adam Smith dalam buku yang ditulisnya The Wealth of Nation pada tahun 1776.
Adam smith membuat bukunya saat di kondisi dunia intelektual yang diliputi dan dikuasai oleh ideologi besar, yaitu liberalism. Ideologi ini pada dasarnya mengajarkan kebebasan dan menjunjung tinggi martabat manusia. Tidaklah aneh jikalau semangat yang paling dasar dari ilmu ekonomi liberalism adalah laissez faire laissez passer atau laissez faire laissez aller. Secara bebas, tetapi biarkanlah kebebasan juga pada orang lain.
Sistem pasar bebas adalah sistem kapitalis. Pengertian kapitalisme adalah suatu sistem dimana harta benda dimiliki dan dikendalikan oleh masyarakat. Setiap laba yang dihasilkan dengan menggunakan harta pribadi menjadi hak pemilik harta tersebut. Alasan atau motif untuk mencari laba dan kemungkinan mengumpulkan harta kekayaan dipercayai oleh banyak individu sebagai satu satunya factor pendorong terbesar yang menyebabkan keberhasilan sistem ini.
Produksi pertanian adalah contoh terbaik dari persaingan sempurna yang ada dalam sistem pasar bebas. Jumlah produsen dalam pertanian atau para petani sangat banyak di Indonesia, keseragaman sebagian besar hasil (komiditi) pertanian dan jumlah pembeli produk pertanian yang besar, secara bersama sama menghasilkan situasi pasar bebas yang baik. Melalui sistem pasar bebas, para produsen pertanian atau para petani dan setelahnya akan segera mengetahui perubahan keinginan konsumen dan para petani akan menanggapi dengan cepat.
Sistem pasar bebas terbukti di satu pihak sebagai sesuatu sistem ekonomi yang berhasil, Hal hal yang telah dicapai oleh Negara Negara maju menunjukkan bahwa mekanisme pasar adalah sistem yang efisien dalam mengalokasikan faktor faktor produksi dan mengembangkan perekonomian. 
Pengertian Sistem Pasar Bebas, Fungsi dan Dampaknya
Semboyan sistem ekonomi pasar oleh Adam Smith

Fungsi Sistem Pasar Bebas dalam Negara

Adapun fungsi fungsi yang akan ada dalam sistem pasar bebas adalah:
  • Sistem pasar bebas dapat memberikan informasi yang lebih tepat mengenai harga dan jumlah permintaan barang
  • Sistem pasar bebas memberikan perangsang kepada para pengusaha untuk mengembangkan usaha mereka
  • Sistem pasar bebas memberikan perangsang kepada para pengusaha untuk memperoleh keahlian modern.
  • Sistem pasar bebas memberikan merangsang penggunaan barang dan factor produksi secara lebih efisien.
  • Sistem pasar bebas memberikan kebebasan sepenuhnya kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Dampak Buruk Sistem Pasar Bebas 

Akan tetapi, dalam sistem pasar bebas akan memunculkan beberapa dampak buruk atau akibat buruk. Dampak ini dibutuhkan campur tangan pemerintah untuk menanggulangi dampak buruk yang ada. Dampak buruk tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Apabila dalam sistem pasar bebas, pemerintah secara sempurna “lepas tangan” maka kebebasan yang tidak terbatas akan hadir. Hal ini akan menindas golongan ekonomi lemah khususnya apabila terjadi pada bahan bahan pokok.
  2. Kegiatan ekonomi yang tidak stabil dan tidak terjadi kepastian. Dalam sistem pasar bebas yang sempurna tanpa campur tangan pemerintah, kemakmuran dapat cepat tercapai tapi seketika juga dapat mengalami kemorosotan serius. Hal ini dilakukan untuk merubah harga harga barang dan jasa sehingga para produsen dan pemilik pasar dapat menambah keuntungan mereka berkali kali lipat.
  3. Sistem mekanisme pasar bebas akan memunculkan kekuatan monopoli yang dapat menimbulkan kerugian bagi semua pihak kecuali pihak yang melakukan monopoli. Akan tetapi, rakyat kecil akan mengalami kesusahan.
  4. Dalam menyediakan beberapa jenis barang secara bersamaan, mekanisme pasar bebas tidak dapat  melakukan secara efisien
  5. Kegiatan konsumen dan produsen akan menimbulkan eksternalitas yang dapat berupa akibat yang baik ataupun buruk tapi tetap merugikan.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian sistem pasar bebas, fungsi fungsi pasar bebas dalam perekonomian negara dan dampak baik dan buruk yang dtimbulkan oleh sistem pasar bebas. 
Pengertian Sistem Pasar Bebas, Fungsi dan Dampaknya
Sistem ekonomi pasar bebas yang seimbang di pasar
Sumber :
Manajemen Agribisnis (2009) oleh Muhammad Firdaus diterbitkan oleh Bumi Aksara di Jakarta.
Advertisements
Pengertian Sistem Pasar Bebas, Fungsi dan Dampaknya | Harian Netral | 4.5