Badan Usaha : Pengertian Perusahaan Perorangan

loading...
Advertisement


loading...

Pengertian Perusahaan perseorangan – Badan usaha perusahaan perorangan adalah bentuk badan usaha yang paling tua, sekaligus paling sederhana. Pengertian perusahaan perorangan adalah perusahaan yang dimiliki, dikelola, dan dikendalikan oleh satu orang pemilik. Modal perusahaan perorangan ini berasal dari seseorang yang merupakan pemilik perusahaan sekaligus pengelola, pengusaha dan pemimpin perusahaan. Perusahaan perorangan tidak memerlukan anggaran dasar. Untuk membiayai dan mengembangkan usahanya, yang bersangkutan dapat menggunakan modal pinjaman.
Perusahaan perorangan tidak mengenal adanya pemisahan antara kekayaan perusahaan dan kekayaan pribadi. Segala harta kekayaan pemilik menjadi jaminan semua utang utang perusahaan atau dengan kata lain pengusaha tersebut memiliki tanggung jawab tidak terbatas. Dan seluruh keuntungan menjadi milik pengusaha tersebut. Pendirian perusahaan perorangan di Indonesia tidak memiliki aturan khusus, tetapi untuk beberapa lapangan kegiatan usaha yang diperlukan izin dari pemerintah Daerah setempat.
Pada umumnya usaha perorangan ini memiliki modal terbatas sehingga umumnya usaha ini tergolong dalam usaha skala kecil. Apabila bisnis tersebut mencapai ukuran tertentu, bentuk usaha lainnya lebih menarik untuk dipilih. Contoh perusahaan perorangan adalah toko mainan, warung, bengkel. Adapun kelebihan dari badan usaha perusahaan perorangan adalah:

Kelebihan Badan Usaha Perusahaan Perorangan

  • Mudah didirikan dan membubarkannya
  • Pemilik memegang kendali penuh atas rencana, modal, kebijakan dan keputusan manajemen usahanya serta hanya tunduk pada peraturan perundangan yang berlaku.
  • Manajemen bersifat fleksibel
  • Pemilik menerima seluruh keuntungan yang diperoleh perusahaan
  • Biaya pengorganisasian dan pembubaran rendah
  • Pemilik dapat menjual bisnisnya kepada siapa saja yang dikehendaki
  • Perusahaan perorangan tidak membayar pajak penghasilan sebagai bisnis tersendiri.

Orang yang menginginkan bentuk badan usaha yang paling murah, sederhana, dikelola sendiri, bersifat rahasia dan luwes akan memilih bentuk badan usaha perorangan. Akan tetapi, terdapat beberapa kelemahan dari badan usaha perorangan yaitu sebagai berikut:

Kekurangan Badan Usaha Perusahaan Perorangan

  • Keterbatasan jumlah modal yang dapat di investasikan. Kelemahan utama dari perusahaan perorangan adalah keterbatasan modal yang bisa diinvestasikan oleh seseorang. Pemberi pinjaman biasanya juga enggan meminjamkan dananya kepada pemilik kecuali jika kejujuran pribadi dan kemampuan pemilik tidak diragukan.
  • Tanggung jawab pemilik terhadap risiko tidak terbatas.
  • Dalam kasus tertentu, keuntungan atau laba yang tinggi akan mengakibatkan pemilik dikenai tarif pajak penghasilan yang lebih tinggi dari pada bentuk perseroan.
  • Pemusatan kendali hanya pada perseorangan pemilik dapat mengurangi motivasi para karyawan yang ingin turut serta ambil bagian secara finansial dalam bisnis di tempat kerja.
  • Kematian atau ketidakcakapan pemilik akan mengakibatkan berakhirnya bisnis.
Badan Usaha : Pengertian Perusahaan Perorangan
Pengertian perusahaan perorangan
Bagaimana? Sudah tahu apa pengertian perusahaan perorangan dan kelebihan serta kekurangan salah satu macam bentuk badan usaha ini. Baca juga artikel tentang pengertian badan usaha dan macam macam badan usaha beserta bentuknya
About these ads
Badan Usaha : Pengertian Perusahaan Perorangan | Harian Netral | 4.5