Pengertian Produktivitas Kerja

loading...
Advertisement


loading...

Apa itu Produktivitas Kerja

Pengertian produktivitas kerja – Definisi produktivitas kerja berhubungan dengan segala hal tentang sikap mental patriotik yang memandang hari kedepan secara optimis dengan berakar pada keyakinan diri bahwa kehidupan hari ini adalah lebih dari hari kemarin dan hari esok adalah lebih baik dari hari ini. Sikap seperti itu, bagi bangsa Indonesia yang sedang membangun mutlak diperlukan baik tantangan yang bersifat ekonomis maupun non ekonomis.
Secara umum produktivitas kerja adalah diartikan sebagai hubungan antara hasil nyata maupun fisik (barang barang ataupun jasa) dengan masuknya yang sebenarnya. Misalnya saja, “Pengertian produktivitas adalah ukuran efisiensi produktif. Suatu perbandingan antara hasil keluaran dan masuk atau output:input. Masukan sering dibatasi dengan masukan tenaga kerja, sedangkan keluaran diukur dalam satuan fisik bentuk nilai.
Definisi produktivitas kerja juga sebagai tingkatan efisiensi dalam memproduksi barang barang ataupun jasa jasa: “Definisi produuktivitas kerja berkaitan dengan cara pemanfaatan dengan baik terhadap sumber sumber dalam memproduksi barang barang. Kemudian, bapak L. Greenberg memberikan tanggapan bahwa pengertian produktivitas adalah sebagai perbandingan antara totalitas pengeluaran pada waktu tertentu di bagi totalitas masukan selama periode tersebut.
Pengertian produktivitas kerja yang lainnya adalah perbandingan ukuran harga bagi masukan dan hasil; perbedaan antara kumpulan jumlah pengeluaran dan masukan yang dinyatakan dalam satu satuan unit umum.
Ukuran produktivitas kerja yang paling dikenal berhubungan dengan tenaga kerja yang dapat dihitung dengan membagi pengeluaran oleh jumlah yang digunakan atau jam jam kerja orang. Akan tetapi, kerugian karena adanya pembatasan bahwa produktivitas antar perusahaan dapat keliru, jika perusahaan tersebut memiliki tenaga kerja dan peningkatan modal yang berbeda.
Produktivitas kerja terkadang diartikan sebagai penggunaan lebih intensif terhadap sumber sumber konversi seperti tenaga kerja dan mesin yang diukur secara tepat akan benar benar menunjukkan suatu penampilan atau efiensi. Akan tetapi serikat buruh tidak sepenuhnya setuju dengan pengertian produktivitas tersebut.
Pengertian produktivitas kerja yang dihasilkan dalam konferensi Oslo tahun 1984 bahwa produktivitas adalah suatu konsep yang bersifat universal yang bertujuan untuk menyediakan lebih banyak barang dan jasa untuk lebih banyak manusia, dengan menggunakan sumber sumber riil yang makin sedikit.

Berdasarkan beberapa pengertian produktivitas kerja diatas, dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian.
  1. Ratio atau perbandingan dari output atau yang dihasilkan terhadap keseluruhan peralatan produksi yang digunakan atau input. Ini merupakan rumusan tradisional dari pengertian produktivitas kerja. 
  2. Pengertian produktivitas kerja pada dasarnya adalah suatu sikap mental yang selalu memiliki pandangan bahwa mutu kehidupan hari ini lebih dari pada kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini.
  3. Produktivitas kerja merupakan interaksi terpadu secara serasi dari tiga faktor essensial yakni, investasi termasuk penggunaan pengetahuan (Science) dan teknologi (tech) serta riset, manajemen dan tenaga kerja (SDM)

Pengertian produktivitas kerja ditiap negara dapat berbeda ataupun sama. Hal ini tergantung pada kelemahan dan potensi yang dimiliki oleh tiap negara. Selain itu, aspirasi jangka pendek dan jangka panjang dapat juga memberikan arti pada produktivitas kerja itu sendiri. Akan tetapi pengertian produktivitas kerja untuk beberapa bidang memiliki kesamaan dalam bidang pengaplikasiannya yaitu di bidang industri, pendidikan, dan jasa jasa pelayanan, dan sarana masyarakat, komunikasi dan informasi.

pengertian produktivitas kerja
pengertian produktivitas kerja

Produktivitas memiliki pengertian lebih luas dari ilmu pengetahuan, teknologi dan teknik manajemen, yaitu sebagai suatu filosofi dan sikap mental yang timbul dari motivasi yang kuat dari masyarakat yang secara terus menerus berusaha meningkatkan kualitas kehidupan.
Demikianlah pengertian dan definisi produktivitas. Terus ikuti apapengertianahli.
Advertisements
Pengertian Produktivitas Kerja | Harian Netral | 4.5