Pengertian Jaringan dalam Biologi

Advertisement
loading...


Pengertian Jaringan – Sederhananya, pengertian jaringan dalam biologi dalam “Sekumpulan sel yang memiliki kesamaan dari segi bentuk dan fungsi”. 
Jaringan merupakan salah satu tingkatan dalam organisasi kehidupan. Dimulai dari sel sebagai unit terkecil yang struktural dan fungsional kemudian jaringan lalu organ, sistem organ kemudian membentuk spesies dan seterusnya. 
hal yang perlu anda ketahui adalah, suatu organisme dikatakan memiliki jaringan berarti merupakan sebuah organisme multiseluler. Selanjutnya, sebuah kumpulan sel yang sama mulai dari bentuk (struktural) dan fungsinya haruslah terhubung dengan kuat atau sering disebut sebagai sel agregat. Sebuah sel yang membentuk jaringan bukan hanya karena mereka mampu, akan tetapi tuntutan untuk tetap lestari membuat mereka harus membuat sebuah jaringan agar mampu membagi sumber daya yang ada dan menyalurkannya.
Oleh karena itu, menurut kami, pengertian jaringan dalam biologi adalah:

Jaringan dalam ilmu biologi adalah sekumpulan sel pada organisme multiseluler yang sama yang bekerja sama dan terhubung  dan bekerja sama dengan kumpulan sel lain yang berbeda ataupun sama untuk membentuk organ

Bagaimana menurut kalian pengertian jaringan dalam biologi diatas? (Silahkan komentar).
Untuk lebih memahami, kami lanjutkan sedikit ke macam macam jaringan. Seperti yang telah dijelaskan bahwa jaringan (untuk saat ini) hanya dimiliki oleh organisme multiseluler. Oleh karena itu, jangan terpaku bahwa hanya ada dua jaringan saja yaitu jaringan tumbuhan dan jaringan hewan.
Sesuai pengertian jaringan diatas, juga terdapat jaringan pada jamur yang disebut sebagai hifa. Jaringan tumbuhan seperti jaringan parenkim, jaringan kolenkim,  jaringan meristem, dan jaringan tumbuhan lainnya. Sedangkan jaringan hewan seperti jaringan otot, jaringan saraf, jaringan pengikat, dan jaringan pengangut.
Pengertian jaringan dalam biologi 2
Jaringan hewan – Jaringan epitelium squamosa

Pengertian jaringan dalam biologi
Jaringan tumbuhan

 Sekian penjelasan singkat tentang pengertian jaringan dalam biologi. Baca juga pengertian sel dalam biologi

loading...
Advertisements
Pengertian Jaringan dalam Biologi | Harian Netral | 4.5