Pengertian Globalisasi, Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

loading...
Advertisement


loading...

Keyword : Pengertian globalisasi | Pengaruh globalisasi | Dampak dampak globalisasi | Dampak positif dan negatif globalisasi| Dampak positif globalisasi | Dampak negatif globalisasi.

Pengertian Globalisasi, Apa itu Globalisasi ?

Saya dapat katakan bahwa pengertian globalisasi adalah sebuah proses terbentuknya dunia tanpa batas. Pengertian globalisasi tersebut tidaklah salah, akan tetapi terlalu melebar. Globalisasi memang kata yang cukup “luas” untuk dibatasi. Dalam buku “The Race to the Top” oeh Thomas Larsson bahwa globalisasi adalah proses memendeknya jarak dan menyusutnya dunia sehingga semua hal menjadi semakin dekat sehingga manusia dan segala aspeknya semakin mudah berinteraksi. 

is the process of world shrinkage, of distances getting shorter, things moving closer. It pertains to the increasing ease with which somebody on one side of the world can interact, to mutual benefit, with somebody on the other side of the world

Bahkan kata “Globalisasi” ini diartikan lebih frontal oleh Immanuel Wallerstein, bahwa globalisasi adalah bentuk atau ciptaan dari kapitalis itu sendiri. Immanuel beranggapan bahwa pengertian globalisasi adalah bentuk kemenangan kaum kapitalis dalam menguasai dunia dengan mengikat seluruh bagian di dunia ini dalam divisi kerja. 

globalization represents the triumph of a capitalist world economy tied together by a global division of labour

Walaupun memang banyak anggapan bahwa globalisasi sendiri adalah produk kapitalis dan memang diciptakan oleh kapitalis sendiri karena untuk menyatukan wilayah wilayah yang berjarak jauh dibutuhkan teknologi yang maju dan budaya yang fleksibel sehingga kaum kapitalis seperti Amerika Serikat  dan lainnya yang lebih maju teknologinya tentu saja menjadi pelopor dan penentu arah globalisasi.
Pengertian globalisasi yang lebih bijak oleh Martin Albrow bahwa globalisasi adalah proses yang berhubungan dengan penyatuan banyak jenis masyarakat menjadi satu masyarakat dunia (single world society).
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian globalisasi adalah:
Proses menyatukan hasil pemikiran dan atau tindakan manusia baik itu individu maupun kelompok ataupun sebuah komunitas (masyarakat) terhadap seluruh wilayah di dunia.

Nah sudah paham !
Karena dalam globalisasi terjadi penyatuan masyarakat dan hasil pemikirannya, pastilah ada beberapa pengaruh atau dampak yang muncul. Dampak ataupun pengaruh globalisasi itu sendiri dapat berupa dampak positif dan juga dampak negatif. Pertama, kita akan paparkan dampak positif globalisasi.

Pengertian globalisasi, dampak positif globalisasi dan dampak negatif globalisasi
Globalisasi itu membuat “satu masyarakat dunia”

Dampak Positif Globalisasi

  • Adanya pola hidup yang serba cepat atau semakin instan. Dampak positif globalisasi ini mendukung dalam kecepatan produksi produksi barang khususnya makanan. Contoh langsungnya dibidang pertanian. 
  • Perkembangan informasi dan teknologi yang lebih pesat dan maju: Dampak positif globalisasi ini tentu saja akan hadir dengan sendirinya karena adanya perpaduan atau minimal pertemuan kebudayaan yang didalamnya tentu saja hasil pemikiran tentang informasi informasi dan teknologi yang mereka kembangkan. 
  • Perbedaan yang ada dalam satu negara khususnya negara yang memiliki warga negara berbagai ras, etnis dan agama lebih mudah disatukan. Dampak positif globalisasi ini terjadi dikarenakan adanya interaksi antara warga negara lain yang berbeda ras, etnis dan agama sehingga perbedaan yang ada diantara mereka khususnya disekitar wilayah tempat tinggal mereka akan semakin lenyap.
  • Peningkatan Ekonomi dan Kesejahteraan. Dampak positif ini akan hadir bila masyarakat dan negara dapat memanfaatkan kemudahan berinteraksi dengan negara lain diwilayah perekonomian, bisnis barang dan jasa. Apalagi dengan menggunakan e-commerce. Ekspor dan impor barang.
  • Peningkatan kesehatan. Dampak positif ini ada karena adanya pertukaran dan penambahan ilmu pengetahuan medis dari luar negara kita.

Dampak Negatif Globalisasi

Kemudian , dampak negatif globalisasi, yaitu:
 
  • Terjadinya pengurangan tenaga kerja atau pemecatan dan perampingan tenaga kerja pada sebuah perusahaan. Hal ini merupakan dampak dari globalisasi dikarenakan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan mesinisasi atau penggunaan mesin dan komputer yang akan menggantikan fungsi manusia sebagai tenaga kerja. Hal ini terjadi dikarenakan pertimbangan manusia yang kurang efisien dan terlalu banyak biaya.
  • Individu bersifat lebih individualis dibandingkan sebelumnya. Hal ini dikarenakan privasi individu dalam globalisasi dapat dengan mudah terekspos bila bersifat lebih sosial dibandingkan sebelumnya. 
  • Masuknya pola hidup ataupun budaya yang tidak sesuai dengan budaya kita. Dampak negatif globalisasi ini akan semakin besar apabila budaya yang masuk dapat menyerap dan dijadikan sebagai salah satu nilai dalam kebudayaan kita. Contoh, budaya barat yang mengizinkan terjadinya perzinahan akan sangat merusak moral tiap individu yang ada dalam masyarakat Indonesia.
Pengertian Globalisasi, Dampak Positif dan Negatif Globalisasi
Globalisasi itu ciptaan kaum kapitalis, jadi hati hati dengan dampak negatifnya
 
Dampak negatif globalisasi diatas akan bertambah bila negara dan khususnya tiap individu tidak memiliki kesadaran dan moral serta akhlak yang baik dalam menghadapi perkembangan zaman dan kebudayaan luar. Oleh karena itu, peran agama dan didikan serta aturan aturan yang dibuat oleh negara akan menjadi penentu kehadiran dampak negatif globalisasi.
Sekian artikel tentang Pengertian Globalisasi, Dampak Positif dan Negatif Globalisasi.
About these ads
Pengertian Globalisasi, Dampak Positif dan Negatif Globalisasi | Harian Netral | 4.5