Pengertian Ekonomi dan Pengertian Ilmu Ekonomi

Advertisement


loading...

Apa Itu Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian ekonomi dan ilmu ekonomi dalam beberapa sumber membedakan keduanya, akan tetapi, dengan perkembangan zaman yang ada, dan perkembangan pengertian ekonomi itu sendiri, sudah banyak yang menyamakan pengertian ekonomi dan ilmu ekonomi itu sendiri. Salah satu contohnya adalah John Stuart Mill dibawah ini:

Pengertian ekonomi sederhananya dikemukakan John Stuart Mill bahwa ekonomi adalah sains praktikal mengenai pengeluaran dan penagihan. Selanjutnya, dijelaskan oleh pakar ekonomi Adam Smith (bapak ilmu ekonomi) bahwa pengertian ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan tentang sebab dan adanya kekayaan suatu negara.

Pengertian ekonomi oleh Paul Anthony Samuelson (Peraih Nobel Prize dibidang Ilmu Ekonomi, 1970) bahwa adalah cara-cara yang dilakukan oleh individu atau manusia dan kelompoknya (ways that are performed by an individual or a man and his group) untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas atau langka untuk memperoleh berbagai barang produksi (to utilize limited resources or scarce to obtain various goods production) dan mendistribusikannya kepada masyarakat (and distribute it to the public). Ditambahkan oleh P.A.Samuelson bahwa pengertian ilmu ekonomi adalah studi tentang perilaku orang lain dan masyarakat dalam memilih menggunakan sumber daya yang langka dan yang memiliki beberapa alternatif penggunaan, dalam rangka memproduksi berbagai individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat.
Pengertian ilmu ekonomi oleh M. Manulang bahwa ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran. Begitupun dengan J.L.Mey Junior bahwa pengertian ekonomi sama saja dengan ilmu ekonomi dan oleh karena itu, pengertian ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha manusia, usaha dalam hal ini yaitu ke arah kemakmuran.
Begitupun dengan J.M Keynes (1936), dia memberikan pengertian tentang ekonomi bahwa pengertian ilmu ekonomi adalah teknik berpikir untuk mempertimbangkan biaya dan keuntungan. Sebenarnya 
Pengertian Ilmu Ekonomi menurut J. Van Zwijndregt dalam buku Peladjaran ekonomi (1956) bahwa ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran. senada dengan Van Zwijndregt, Albert J. Meyer memberikan pengertian ilmu ekonomi ialah ilmu pengetahuan yang mempersoalkan kebutuhan dan pemenuhan kebutuhan manusia.
Lionnel Robbins (Baron Robbins, 1923 dalam buku (Principles Of Economics)) menambahkan pengertian ilmu ekonomi tentang ilmu yang berhubungan erat dengan aspek kelakuan manusia (aspects of human behavior) yang timbul karena kelangkaan alat-alat guna mencapai tujuan yang ada.

Pengertian Ekonomi dan Pengertian Ilmu Ekonomi
Pengertian ekonomi dan ilmu ekonomi

Dari beberapa pengertian ekonomi dan pengertian ilmu ekonomi diatas sudah jelas bahwa zaman sekarang, pengertian ekonomi dan ilmu ekonomi dapat dikatakan sama. Walaupun beberapa ahli di bidang ekonomi masih beranggapan bahwa tidak dapat membuat sebuah definisi tentang ekonomi ataupun ilmu ekonomi yang tepat membatasi ekonomi itu sendiri dikarenakan cakupan dan aspek yang terdapat didalamnya. Hal inilah yang membuat dahulunya, ilmu ekonomi disebut sebagai ilmu ekonomi politik.

Pengertian Ekonomi dan Pengertian Ilmu Ekonomi
Pengertian ekonomi- pengertian ilmu ekonomi

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Ekonomi dan Pengertian Ilmu Ekonomi

loading...
Advertisements
Pengertian Ekonomi dan Pengertian Ilmu Ekonomi | Harian Netral | 4.5