Pengertian Administrasi dan Fungsi Administrasi

Advertisement


loading...

Apa Pengertian Administrasi

Pengertian administrasi dan fungsi administrasi | Pengertian administrasi sederhananya adalah kegiatan penyusunan dan pencatatan data serta informasi (drafting and recording data + informationsecara sistematis dengan tujuan untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam satu hubungan satu sama lain. 
Pengertian administrasi diatas menyamakan dengan definisi tata usaha
Pengertian administrasi yang lebih luas lagi adalah kegiatan kerja sama yang dilakukan sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja sebagaimana ditentukan dalam struktur dengan mendayagunakan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Dengan kalimat lain, pengertian administrasi mencakup seluruh kegiatan dari pengaturan hingga pengurusan kelompok orang yang memiliki diferensiasi pekerjaan untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Secara etimologi, administrasi berasal dari bahasa Yunani “Administrare” atau administer yang berarti mengendalikan, mengelola atau menangani urusan urusan seperti negara, pemerintahan, rumah tangga ataupun pengelolaan suatu bisnis/usaha.

Pengertian administrasi diatas, tidak jauh berbeda dari  beberapa ahli seperti:
Liang gie (Penulis buku “Pengantar Filsafat Ilmu” dan Filsafat Keindahan” bahwa pengertian administrasi adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Oleh karena itu, Liang gie juga beranggapan bahwa ilmu administrasi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari proses (process), kegiatan dan dinamika kerjasama manusia (human teamwork).
Ordway Tead (1945) dalam Democratic administrationbahwa proses dan lembaga yang bertanggungjawab terhadap penentuan tujuan tujuan organisasi serta manajemen yang sedang diusahakan, yang menetapkan kebijakan kebijakan yang luas ditempat tersebut beroperasi dan memberikan pandangan umum  serta pengawasan untuk menjaga kefektifan dari keseluruhan operasi sehingga target dapat diraih “Administration is the process and agency which is responsible for the determination of the aims for which an organization and its management are to strive, which establishes the broad policies under which they are to operate and which gives general oversight to the continuing effectiveness of the total operation in reaching the objectives sought “
pengertian administrasi dan fungsi administrasi
pengertian administrasi dan fungsi administrasi

Fungsi Administrasi

Berikut beberapa fungsi administrasi:
  • Pekerjaan terbagi secara efektif 
  • Tugas tugas diselesaikan lebih efisien karena adanya manajemen yang tepat.
  • Tujuan tujuan yang ingin diperoleh disetarakan dengan beban kerja yang ada.
  • Kerja sama dalam kelompok kerja seperti perusahaan lebih terarah dan lebih terstruktur
  • Fungsi administrasi apabila dianggap tata usaha, sehingga administrasi mempermudah pekerjaan pengarsipan dokumen atau laporan sehingga mempermudah kerja kerja manajerial.

 Beberapa referensi menyamakan manajemen perkantoran dengan kata administrasi. Ada juga beberapa referensi yang menggunakan kata “administrasi” untuk negara dan “manajemen” itu untuk perusahaan. Memang, hingga sekarang pengertian manajemen dianggap sama dengan administrasi khususnya bila kata administrasi tidak dianggap sebagai “tata usaha”. Sekian artikel tentang pengertian administrasi dan fungsi administrasi. Wassalam.
pengertian administrasi dan fungsi administrasi
Fungsi administrasi
Advertisements
Pengertian Administrasi dan Fungsi Administrasi | Harian Netral | 4.5