Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

loading...
Advertisement


loading...

Pengertian Sosiologi

Pengertian sosiologi | August Comte yang merupakan bapak sosiologi dikarenakan dialah orang pertama kali yang diketahui memberikan nama sosiologi pada ilmu yang mengkaji hubungan sosial ke masyarakat. Bapak August Comte berpendapat bahwa ilmu sosiologi agar bermanfaat harus didasari oleh pengamatan, perbandingan, eksperimen, dan metode historis, dan berdasarkan fakta fakta yang objektif dan bukan berdasarkan pada harapan, prediksi ataupun ramalan serta opini). Oleh karena itu, August Comtee berpendapat bahwa sosiologi adalah ilmu sosial yang paling tinggi tingkatannya karena merupakan induk dari ilmu sosial. Untuk lebih mengetahui tentang apa pengertian sosiologi, mari simak pengertian sosiologi menurut para ahli dibawah ini:

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

1. Menurut Bapak Pitirim Sorokin bahwa pengertian sosiologi sebagai suatu ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik aneka macam gejala gejala sosial seperti antara gejala ekonomi dan agama, keluarga, dan moral, hukum dan ekonomi, gerakan masyarakat dan politik dan sebagainya; hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan gejala gejala nonsosial seperti gejala geografis, biologis dan sebagainya; dan ciri ciri umum dari semua jenis gejala gejala sosial.
2. Menurut Roucek dan Warren berpendapat bahwa pengertian sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok.
3. Menurut Bapak William F. Ogburn dan Bapak Meyer F. Nimkoff bahwa pengertian sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi sosial
4. Berbeda dengan Bapak J.A.A van Doorn (Sosiolog Belanda) dan C.J. Lammers (Penulis buku Work and Organizational Psychology). Mereka berdua berpendapat bawa pengertian sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang struktur struktur dan proses proses kemasyarakatan yang bersifat stabil
5. Pengertian sosiologi oleh bapak Selo Soemarjan dan bapak Soelaiman Soemantri bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial (baca pengertian struktur sosial) (yaitu keseluruhan jalinan antara unsur unsur sosial yang pokok seperti kaidah kaidah sosial, lembaga lembaga sosial, kelompok kelompok sosial dan lapisan sosial.  dan proses proses sosial (yang berupa pengaruh timbal balik antara pelbagai kehidupan bersama seperti kehidupan ekonomi dan kehidupan politik, kehidupan hukum dan kehidupan agama, dan lain sebagainya, termasuk di dalamnya adalah perubahan perubahan sosial (Soerjono Soekamto, Sosiologi:Suatu Pengantar, 1986).
6. Pengertian sosiologi oleh bapak Max Weber yang lebih berorientasi terhadap behavioralis atau pendekatan tingkah laku menekankan bahwa sosiologi adalah ilmu yang berusaha untuk memahami tindakan tindakan sosial
7. Pengertian sosiologi yang hampir sama diungkapkan oleh Bapak Paul B. Horton bahwa sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.
8. Kemudian, Bapak Soerjono Soekamto mengemukakan bahwa pengertian sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatiannya pada segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola pola umum kehidupan bermasyarakat.
9. Selanjutnya, pengertian sosiologi oleh Bapak Wiliam Kornblum bahwa sosiologi sebagai usaha usaha yang ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam pelbagai kelompok dan kondisi.
10. Kemudian, bapak Allan Johnson mengungkapkan bahwa pengertian sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut memengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat di dalamnya memengaruhi sistem itu
11. Terakhir, Pengertian sosiologi oleh Mayor Pola bahwa sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan yakni hubungan di antara manusia dan kelompok, dan kelompok dan kelompok,baik kelompok formal maupun kelompok material atau baik kelompok statis maupun kelompok dinamis (Sosiologi sebagai ilmu Dalam Makalah Istimewa).
Dari pelbagai pengertian sosiologi diatas dapat diambil beberapa persamaan yang ada dari pengertian sosiologi oleh para ahli diatas bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari 
(1) Tentang manusia yang hidup dalam kelompok yang dikenal dengan masyarakat;
(2) Pola pola hubngan antara manusia baik secara individu maupun secara kelompok;
(3)Hubungan antara manusia dengan lembaga lembaga sosial seperti kaidah kaidah sosial, norma-norma dan ;
(4)Pola pola kehidupan manusia yang memiliki hubungan dengan kondisi lingkungannya. 
Pengertian sosiologi bapak sosiologi Auguste Comte
Bapak Sosiologi
Oleh karena itu, Pengertian sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia satu dan lainnya di dalam suatu kelompok berakibat timbulnya pola hubungan antarmanusia agar dapat terhindar dari konflik antar individu, dan individu dengan kelompok. Singkatnya, pengertian sosiologi adalah ilmu yang berobjek pada pola pola hubungan antarmanusia.
Sekian artikel tentang pengertian sosiologi menurut para ahli. Untuk lebih jelasnya silahkan baca sumber ulasan saya dibawah ini:
Sumber :
Pengantar Sosiologi (2010) Oleh Elly M. Setiadi dan Usman Kolip diterbitkan oleh Kencana Prenadamedia Group di Jakarata.
Advertisements
Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli | Harian Netral | 4.5