Pengertian Politik Oleh Rod Hague dan Andrew Heywood

loading...
Advertisement


loading...

Pengertian Politik | Politik singkat kata adalah perebutan kekuasaan, tahta dan harta. Hal ini senada dengan perkataan Peter Merkl yang mengatakan bahwa politik dalam  bentuk yang paling buruk (Politics at its worst ) adalah perebutan kekuasaan (a selfish grab for power) , kedudukan dan kekayaan untuk kepentingan diri sendiri (glory and riches). 
Berdasarkan buku Dasar Dasar Ilmu Politik bahwa ada dua sarjana yang menguraikan pengertian politik yang berhubungan dengan masalah konflik dan konsensus yaitu Rod Hague dan Andrew Heywood.
Pengertian Politik menurut Rod Haque et al:

Politik adalah kegiatan yang berhubungan dengan cara bagaimana kelompok kelompok mencapai keputusan keputusan yang bersifat kolektif (Politics is the activity by which groups reach binding collective decisions) dan mengikat melalui usaha usaha untuk mendamaikan perbedaan perbedaan di antara anggota anggotanya (through attempting to reconcile differences among their member).

Pengertian Politik Menurut Andrew Heywood: 

Politik adalah kegiatan suatu bangsa yang bertujuan untuk membuat, mempertahankan, dan mengamandemen peraturan peraturan umum (Politics is the activity through which a people make, preserve, and amend the general rules) yang mengatur kehidupannya, yang berarti tidak dapat terlepas dari gejala konflik dan kerja sama (under which they live and as such is inextricaly linked to the phenomen of conflict and  cooperation).

Pengertian politik oleh Rod Hague dan Andrew Heywood
Sumber Pengertian Politik 
Selain definisi dan pengertian politik diatas, masih banyak pengertian politik lain yang lebih bersifat pragmatis dan bergerak diwilayah “aman”. Baca saja pengertian politik yang lain disini: Pengertian Politik Menurut Para Ahli. Demikian artikel tentang Pengertian politik oleh Rod Haque dan Andrew Heywood. 
About these ads
Pengertian Politik Oleh Rod Hague dan Andrew Heywood | Harian Netral | 4.5