Pengertian nilai dan Karakteristik Nilai

Advertisement


loading...

Pengertian Nilai

Pengertian nilai menurut Horton dan Hunt adalah gagasan tentang apakah pengalaman tersbeut berarti atau tidak. Nilai ada hakikatnya mengarahkan perilaku dan pertimbangan seseorang, akan tetapi nilai  tidak menghakimi apakah sebuah perilaku tersebut benar atau salah. 
Nilai adalah salah satu bagian penting dari kebudayaan itu sendiri. Suatu tindakan dapat diterima secara moral apabila harmonis ataupun selaras dengan nilai nilai yang telah disepakati dan dijunjung oleh masyarakat dimana tindakan tersebut dilakukan. Apabila suatu tindakan tidak sesuai dengan nilai yang ada dalam masyarakat tersebut maka akan dianggap menyimpang oleh masyarakat tersebut (Baca pengertian masyarakat).
Pengertian nilai secara menyeluruh adalah konsep konsep umum tentang sesuatu dianggap baik, patut, layak, pantas yang keberadaannya dicita citakan, diinginkan, dihayati, dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari hari dan menjadi tujuan kehidupan bersama di dalam kelompok masyarakat tersebut, mulai dari unit kesatuan sosial terkecil hingga suku, bangsa, dan masyarakat internasional.
Menurut Andrain, nilai nilai memiliki 6 ciri atau karakteristik. Berikut 6 karakteristik nilai:

1. Umum dan abstrak.

Nilai adalah patokan umum tentang sesuatu yang dicita citakan atau dianggap baik. Nilai dapat dikatakan umum sebab tidak akan ada masyarakat tanpa pedoman umum tentang sesuatu yang dianggap baik, patut, layak, pantas sekaligus sesuatu menjadi larangan atau tabu bagi kehidupan masing masing kelompok. Nilai sosial memiliki sifat abstrak, artinya nilai tidak hanya dilihat sebagai benda secara fisik terlihat, dapat diraba ataupun difoto 

2. Konsepsional

Nilai memiliki ciri konsepsional artinya bahwa nilai nilai tersebut hanya diketahui berdasarkan ucapan ucapan, tulisan dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang. 

3. Nilai Mengandung Kualitas moral

Kualitas moral suatu masyarakat baik individu ataupun kelompok ditentukan oleh nilai nilai yang dianut oleh masyarakat tersebut. Baca pengertian moral.

4. Nilai tidak selamanya realistik

Nilai yang ada dalam masyarakat biasanya bersifat idealis atau tidak mampu secara penuh dilaksanakan. Hal ini dikarenakan sifat nilai yang abstrak sehingga pemahamannya tidak mampu sama untuk tiap individu dalam masyarakat tersebut.

5. Dalam bermasyarakat, Nilai bersifat campuran

6. Cenderung bersifat stabil.

Pengertian nilai dan karakterstik nilai
Pengertian nilai dan karakterstik nilai
Sekian penjelasan singkat tentang pengertian nilai dan karakteristik nilai. Baca juga pengertian lainnya
Advertisements
Pengertian nilai dan Karakteristik Nilai | Harian Netral | 4.5