Pengertian Kontak Sosial dan Macam Macam Kontak Sosial

Advertisement
loading...


Pengertian Kontak Sosial dan Macam Macam Kontak Sosial

Pengertian kontak sosial | Macam Macam kontak Sosial | Sebelum masuk ke intinya, mari kita lihat apa itu kontak. Kontak secara etimologi berasal dari bahasa Latin cum atau con yang berarti bersama sama dan tangere berarti menyentuh. Sehingga kontak dapat diartikan sebagai bersama sama menyentuh. 
Secara fisiologi, kontak akan terjadi dalam bentuk sentuhan akan tetapi dalam konsep sosiologi istilah kontak dikaitkan dengan objek sosial itu sendiri yaitu masyarakat. 
Sehingga lahirlah istilah kontak sosial. Kontak sosial dapat terjadi tanpa harus melakukan kontak fisik. Kontak sosial dapat terjadi melalui gejala gejala sosial seperti membaca surat, email, bertanding, bertengkar, berbicara berhadapan, berbicara melalui alat bantu seperti telepon dan lainnya, berpidato di depan banyak orang dan banyak lagi. Sehingga, pengertian kontak sosial adalah aksi individu atau kelompok dalam bentuk isyarat yang memiliki arti atau makna bagi si pelaku dan si penerima membalas aksi tersebut dengan reaksi.

Macam Macam Kontak Sosial

Terdapat beberapa macam kontak sosial yang terbagi menjadi beberapa yaitu sifat, cara, bentuk dan tingkat hubungannya.

Berdasarkan caranya, kontak sosial terdiri atas dua yaitu 

  1. Kontak sosial langsung atau hubungan timbal balik antar individu maupun antarkelompok terjadi secara fisik, seperti berbicara, tersenyum, bahasa tubuh, pelbagai aksi lainnya seperti memukul dan sebagainya.
  2. Kontak sosial tidak langsung, yaitu kontak yang terjadi dengan adanya mediator atau perantara seperti televisi, surat kabar, radio, email, dan alat ataupun perantara lainnya. 

Macam macam kontak sosial berdasarkan sifatnya ada tiga yaitu:

1. Kontak sosial antara individu dengan individu
2. Kontak sosial antara individu dengan kelompok
3. Kontak sosial antara kelompok dengan kelompok

Macam macam kontak sosial berdasarkan bentuknya terdiri atas dua yaitu:

  1. Kontak sosial positif adalah kontak sosial yang membentuk hubungan sosial yang berpola kerja sama
  2. Kontak sosial negatif adalah kontak sosial yang membentuk hubungan sosial yang bertentangan dan bahkan berakibat hilangnya hubungan sosial seperti putusnya interaksi tersebut.

Macam macam kontak sosial bila dilihat dari tingkat hubungannya terdiri atas dua yaitu:

  1. Kontak sosial primer adalah kontak sosial yang terjadi bila adanya hubungan langsung seperti bertemu atau bertatap muka secara langsung atau dengan kata lain tanpa adanya perantara sehingga pihak yang satu dan pihak yang lain dapat saling mengetahui perwujudan masing masing.
  2. Kontak sosial sekunder adalah kontak sosial yang tidak memungkinkan kedua pihak untuk mengetahui perwujudan masing masing dikarenakan adanya mediator atau perantara. Sehingga, terjadi kontak sosial yang kurang sempurna seperti melalui telepon, email, surat, acara televisi dan lainnya. 
    pengertian kontak sosial dan macam macam kontak sosial
    Pengertian kontak sosial

Sekian penjelasan singkat tentang pengertian kontak sosial dan macam macam kontak sosial, perlu anda perhatikan dan pahami bahwa kontak sosial berbeda dengan komunikasi. Perbedaannya adalah dalam komunikasi diperlukan adanya pemahaman terhadap makna pesan oleh kedua pihak (Baca pengertian komunikasi oleh Para Ahli).
Advertisements
Pengertian Kontak Sosial dan Macam Macam Kontak Sosial | Harian Netral | 4.5