Pengertian Ekosistem dan Macam Macam Ekosistem

Advertisement
loading...


Keyword: Pengertian ekosistem, apa itu ekosistem, macam macam ekosistem, pengertian dan macam macam ekosistem darat dan macam macam ekosistem laut, komponen ekosistem, pengertian ekosistem.

Pengertian Ekosistem

Pengertian ekosistem sederhananya adalah sebuah kesatuan dari organisme dan lingkungannya. Selanjutnya Menurut Tansley & Likens bahwa ekosistem adalah  unit spasial eksplisit dari bumi yang mencakup semua organisme, bersama dengan semua komponen lingkungan abiotik dalam batas-batasnya “a spatially explicit unit of the earth that includes all of the organism, along with all components of the abiotic environment within its boundaries
Pengertian ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Untuk memahami tentang ekosistem, kita dapat mengatakan bahwa sebuah ekosistem sebagai suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. 
Pengertian ekosistem lebih lengkapnya adalah penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme. Dalam ekosistem, tentunya matahari hadir sebagai sumber dari semua energi yang ada. (Baca aliran energi dan tingkatan tropik dalam ekosistem).

Macam Macam Ekosistem

Secara garis besar ekosistem terbagi atas dua yaitu ekosistem darat dan ekosistem perairan atau akuatik. Ekosistem darat ada beberapa 8 macam yaitu:
  • Ekosistem hutan hujan tropis
  • Ekosistem hutan gugur
  • Ekosistem taiga
  • Ekosistem Tundra
  • Ekosistem padang rumput atau ekosistem savana
  • Ekosistem kapparal
  • Ekosistem hutan hujan beriklim sedang
pengertian ekosistem dan macam macam ekosistem
Pengertian ekosistem dan macam macam ekosistem
Ekosistem darat sering dikatakan sebagai bioma karena mencakup wilayah yang luas. Pembagian dalam ekosistem darat terbagi atas perbedaan iklim yang ada. Perbedaan ini dikarenakan adanya perbedaan garis lintang atau letak mereka terhadap sumber cahaya sehingga terjadi perbedaan iklim, suhu dan faktor abiotik lainnya. Untuk lebih jelasnya tentang macam macam ekosistem darat dan penjelasannya silahkan dibuka: macam macam ekosistem.
Kemudian adapun ekosistem perairan adalah ekosistem yang lingkungan fisiknya berada pada air seperti lautan, danau dan sungai.
Berikut penjelasan lebih rinci tentang macam macam ekosistem perairan

Macam macam ekosistem perairan

Secara garis besar ekosistem perairan terbagi atas dua berdasarkan sifatnya yaitu ekosistem air tawar dan ekosistem air asin atau ekosistem air laut. 

Ekosistem air tawar

Ekosistem air tawar adalah penggabungan atau interaksi timbal balik yang terjadi antara makhluk hidup dengan faktor abiotik yang berada pada lingkungan air tawar. 
Ekosistem air tawar dapat dibagi dua macam kategori habitat yaitu berdasarkan kedalamannya dan aliran airnya. Berdasarkan kedalamannya, habitat dalam ekosistem air tawar terbagi atas litoral, limnetik dan profundal. Pengertian litoral adalah  daerah dalam ekosistem air tawar yang cukup dangkal sehingga cahaya matahari (sunlight) dapat menembus 100 %, atau dengan kata lain, tidak terjadi penurunan intensitas energi cahaya matahari yang signifikan. Pengertian limnetik adalah daerah pada ekosistem air tawar yang merupakan badan perairan yang masih dapat ditembus oleh cahaya matahari tapi tidak terlalu besar intensitasnya. Sedangkan profundal adalah daerah pada ekosistem air tawar yang tidak mampu lagi ditembus oleh cahaya matahari tampak sehingga pada daerah profundal terlihat sangat gelap.
Selanjutnya, pembagian habitat ekosistem air berdasarkan keadaan alirannya terbagi atas dua yaitu lotik dan lentik. Pengertian lotik adalah daerah ekosistem air tawar yang memiliki aliran air atau airnya mengalir, contohnya sungai. Sedangkan pengertian lentik adalah daerah ekosistem air tawar yang memiliki aliran air yang tenang seperti danau.

Ekosistem Air Laut

Ekosistem air laut terbagi atas dua yaitu ekosistem air laut dalam dan ekosistem pantai. Habitatnya sendiri terbagi atas dua yaitu berdasarkan kedalaman dan berdasarkan kemampuan cahaya matahari untuk tembus. 
Berdasarkan kedalaman, ekosistem air laut terbagi atas litoral (0-200 meter), batial (200-2000m), abisal (2000-4000m) dan terakhir hadal (>4000m). 
Berdasarkan kemampuan tembusnya cahaya matahari terbagi atas 3 yaitu fotik (dapat ditembus oleh cahaya matahari), disfotik (remang remang), dan afotik (tidak dapat ditembus lagi).
Selain ekosistem diatas, masih ada satu ekosistem lagi yaitu ekosistem buatan. Ekosistem buatan adalah ekosistem yang dibangun oleh manusia dikarenakan kebutuhannya. Ekosistem ini seperti ekosistem sawah dan banyak lagi ekosistem lainnya yang ternyata menjadi sebuah unit spasial dari bumi.
Sekian artikel tentang pengertian ekosistem dan macam macam ekosistem. Sekian dan wassalam.
Advertisements
Pengertian Ekosistem dan Macam Macam Ekosistem | Harian Netral | 4.5