Pengertian Asimilasi, Syarat dan Faktor Asimilasi

loading...
Advertisement


loading...

Pengertian Asimilasi atau asimilation

Secara umum, pengertian asimilasi adalah proses menyatukan perbedaan yang ada. Secara khusus dalam sosiologiPengertian asimilasi adalah proses sosial yang ditandai oleh adanya usaha usaha untuk mengurangi perbedaan perbedaan yang terdapat diantara tiap individu dan atau kelompok sosial yang diikuti pula oleh upaya upaya untuk mencapai kesatuan tindakan, sikap dan proses proses mental dengan memerhatikan kepentingan bersama. Asimilasi adalah salah satu bentuk bentuk proses sosial.

Syarat asimilasi yaitu:

1. Kelompok manusia yang berbeda kebudayaannya. Perpecahan antar kelompok dalam satu wilayah kultural (Kebudayaan) tidak digolongkan asimilasi
2. Orang perorangan sebagai warga kelompok tadi saling bergaul secara langsung dan intensif untuk waktu tertentu maka asimilasi tidak akan tercapai
3. Kebudayaan dari kelompok manusia tersebut masing masing berubah dan saling menyesuaikan diri.

Faktor faktor yang mempermudah bagi jalannya asimilasi di antaranya:

1. Toleransi
Toleransi adalah sikap dan tindakan yang saling memberikan peluang atau kesempatan kepada pihak lain untuk melakukan sesuatu sehingga benih benih pertentangan antar individu ataupun antarkelompok dapat terhindarkan.
2. Kesempatan kesempatan (Opportunity) di bidang ekonomi yang sama rata. Kesempatan ataupun peluang dalam bidang ekonomi yang seimbang akan mengurangi peluang terjadinya ketimpangan antarkelompok secara ekonomi, sehingga pertentangan dan konflik dapat dicegah. Hadirnya celah atau gap atau jurang pemisah antara negara miskin dan negara maju sampai saat ini kita alami telah menimbulkan bibit bibit perpecahan seperti kecurigaan akan adanya neokolonialisme, eksploitasi dan berbagai hal lainnya. Apabila hal ini terus terjadi, maka unsur saling benci akan semakin terlihat sedangkan unsur saling curiga pun akan lebih terlihat lagi.
3. Sikap penghargaan terhadap orang asing dan kebudayaannya. Asimilasi akan semakin gampang terjadi apabila adanya suatu sikap dimana masyarakat tersebut menghargai kebudayaan antarkelompok itu sendiri (baca pengertian kebudayaan).
4. Adanya Sikap terbuka dari golongan penguasa dalam masyarakat. Dibutuhkan dorongan dari para elit pemerintahan khususnya Presiden serta anggota DPR untuk meramu Undang undang yang memberikan terbukaan terhadap mereka yang berbeda seperti diijinkannya perayaan Hari Imlek oleh warga Tionghoa yang sebelumnya sempat dilarang.
5. Persamaan dalam unsur unsur kebudayaan. Hal ini tanpa anda sadari memang betul, asimilasi akan semakin mudah terjadi apabila adanya kesamaan budaya ataupun unsur unsurnya, oleh karena itu kebudayaan dari Arab mudah berasimilasi dengan masyarakat Indonesia dikarenakan kesamaan ajaran tentang hal gaib.
6. Perkawinan campuran (amalgamation). Salah satu jalan terjadinya asimilasi adalah perkawinan antara dua insan manusia yang berbeda seperti pribumi dan nonpribumi, berbeda ras, berbeda kelompok, berbeda golongan, berbeda negara dan bahkan berbeda agama (untuk beberapa situasi dapat menghasilkan perpecahan bukan asimilasi). Betul memang, perkawinan campuran akan mampu mengurangi perbedaan diantara mereka apalagi bila sudah banyak diantara kedua kelompok tersebut yang melakukan perkawinan campuran tersebut sehingga mau tidak mau kedua ras ataupun kelompok yang berbeda lambat laun akan menjadi satu kelompok (asmilasi terjadi).
7. Kehadiran musuh bersama. Persatuan dan asimilasi akan terjadi bila terjadi situasi dimana terdapat ancaman dari luar berupa musuh bersama. Contoh, Malaysia dan Indonesia biasanya sering berkonflik, akan tetapi apabila USA menyerang negara Muslim seperti Pakistan ataupun Afganistan, maka Malaysia dan Indonesia akan bersatu untuk membebaskan sesama negara muslim dari musuh bersama mereka. Umumnya asimilasi musuh bersama diikat oleh ajaran agama.
Pengertian Asimilasi, Syarat dan Faktor Asimilasi
Pengertian asimilasi, syarat dan faktor asmilasi
Sekian penjelasan tentang pengertian asimilasi, syarat terjadinya asimilasi dan faktor faktor yang mempermudah jalannya asimilasi dalam bentuk bentuk proses sosial. Share and Like.
About these ads
Pengertian Asimilasi, Syarat dan Faktor Asimilasi | Harian Netral | 4.5