Pengertian Strategi Pembelajaran dan Hasil Pembelajaran

Advertisement
loading...


Pengertian Strategi Pembelajaran

Pengertian Strategi Pembelajaran dan Hasil Pembelajaran
Pengertian Strategi Pembelajaran dan Hasil Pembelajaran
Pengertian strategi pembelajaran menurut Reigeluth (1983) dan Degeng (1989) bahwa strategi pembelajaran adalah cara cara yang berbeda untuk mencapai hasil pembelajaran yang berbeda di bawah kondisi yang berbeda.  Variabel strategi pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu:
a. Strategi pengorganisasian atau organizational strategy
b. Strategi penyampaian atau delivery strategy
c. Strategi pengelolaan atau management strategy

Strategi Pengorganisasian

Pengertian strategi pengorganisasian adalah cara untuk menata isi suatu bidang studi (organize the contents of a field of study), dan kegiatan ini berhubungan dengan pemilihan isi/materi (selection of content / material), penataan isi (structuring contents), pembuatan diagram (charting), format dan sejenisnya. Dalam pembelajaran, pengertian strategi pengorganisasian adalah cara untuk membuat urutan (sequencing) dan mensintesis (synthesizing) fakta, konsep, prosedur dan prinsip yang berhubungan, suatu isi pembelajaran. 
Sequencing berhubungan dengan cara pembuatan urutan penyajian isi suatu bidang studi (ways of making the presentation order of the contents of a field of study) , dan sintesis berhubungan dengan cara untuk menunjukkan kepada siswa tentang hubungan atau keterkaitan antara fakta, konsep, prosedur, atau prinsip suatu isi pembelajaran.

Strategi Penyampaian

Pengertian strategi penyampaian adalah berbagai cara untuk memberitahukan pembelajaran kepada siswa dan atau untuk menerima serta merespons tanggapan dari para siswa.

Strategi Pengelolaan

Pengertian strategi pengelolaan adalah berbagai cara untuk menyusun interaksi atau komunikasi antara siswa dan variabel strategi pembelajaran pengorganisasian dan strategi penyampaian. Strategi pengelolaan pembelajaran berkaitan dengan pemilihan tentang strategi pengorganisasian dan strategi penyampaian yang digunakan selama proses pembelajaran berlangsung. Strategi pengelolaan pembelajaran berkaitan dengan penjadwalan (scheduling), membuat catatan perkembangan belajar dan motivasi.

Pengertian Hasil Pembelajaran

Pengertian hasil pembelajaran menurut Degeng (1989) adalah semua efek yang dapat dijadikan sebagai indikator tentang nilai dari penggunaan strategi pembelajaran di bawah kondisi yang berbeda. Terdapat tiga variabel hasil pembelajaran yaitu:

loading...
a. Keefektifan (Effectiveness) Pembelajaran
Keefekifan pembelajaran dapat diukur berdasarkan tingkat pencapaian siswa dan ada 4 indikator untuk mempreskripsikan keefektifan pembelajaran yaitu (1) Kecermatan penguasaan perilaku yang dipelajari (Accuracy mastery of learned behaviors), (2) Kecepatan unjuk kerja, (3) Tingkat alih belajar (Control level of learning), (4) Tingkat Retensi atau kemampuan untuk menyimpan hasil pembelajaran.

b. Efisiensi (Efficiency) Pembelajaran
Efisiensi pembelajaran dapat diukur dengan membandingkan antara keefektifan pembelajaran dan jumlah waktu yang dipakai siswa dan atau jumlah biaya yang digunakan dalam pembelajaran.

c. Daya Tarik (Appeal) Pembelajaran
Daya tarik pembelajaran dapat diukur dengan melakukan pengamatan terhadap kecenderungan siswa untuk tetap atau terus belajar.
Sumber Artikel Pengertian Strategi Pembelajaran dan Hasil Pembelajaran

  • Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional (2011) Oleh Made Wena diterbitkan oleh Bumi Aksara di Jakarta.
  • Ilmu Pembelajaran: Taksonomi Variabel (1989) oleh Degeng, N.S. diterbitkan oleh Dirjen Dikti di Jakarta
  • Instructional Design Theories and Models: An Overview of Their Current Status (1983) oleh Reigeluth, C.M. diterbitkan oleh Lawrence Erlbaum Associates di Newyork.
Advertisements
Pengertian Strategi Pembelajaran dan Hasil Pembelajaran | Harian Netral | 4.5