Pengertian Sejarah dan Ruang Lingkup Ilmu Sejarah

loading...
Advertisement


loading...

Kali ini kita akan membahas tentang apa pengertian sejarah, bagaimana pendapat para ahli tentang pengertian sejarah serta ruang lingkup sejarah itu sendiri. Untuk bagian pertama akan dijelaskan tentang pengertian sejarah lalu pada bagian kedua dijelaskan tentang apa saja ruang lingkup sejarah.

Pengertian Sejarah

Sebelum terlalu jauh membahas pengertian sejarah, mari kita lihat secara bahasa atau etimologis. Kata sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu syajaratun yang berarti pohon kehidupan. Pohon kehidupan kita dapati dalam penyusunan silsilah keluarga. Dalam silsilah keluarga didapati tentang asal usul nama dan kerabatnya. Sebagai contoh: Silsilah keluarga kerajaan Jawa atau silsilah keluarga kerajaan Mataram Islam. Hal ini terjadi karena saat itu sangat penting untuk melakukan pencatatan yang lengkap agar tidak terjadi pengakuan sembarangan oleh masyarakat agar kebangsawan terjaga. Kemudian setelah itu kata syajaratun ini menjadi kata serapan dalam bahasa melayu abad ke-13. Akan tetapi di dalam bahasa Arab sendiri, ilmu yang mempelajari kisah masa lalu disebut tarikh.
Ditinjau dari bahasa lain seperti bahasa Inggris, kata sejarah dalam bahasa Inggris disebut history. History berasal dari bahasa Yunani yaitu Istoria yang berarti “orang pandai”. Isoria lalu berkembang artinya menjadi pengkajian dan pembelajaran menyangkut manusia secara kronologis atau berdasarkan urutan waktu. Sejarah dalam Bahasa German adalah Geschichte dan dalam bahasa Belanda yaitu geschidenis atau historie yang berarti kejadian yang dibuat oleh manusia.
Nah sudah tau bukan bagaimana kata sejarah ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Mari kita lihat pendapat para ahli tentang pengertian sejarah.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Berikut beberapa penjelasan tentang pengertian sejarah oleh beberapa ahli seperti W.J.S. Poerwordaminta, Norman E.Cantor, R,Muhammad Ali, Ibnu Khaldun, Edward Hallet Carr, dan terakhir dari Prof.Dr. Kuntowijoyo.
1. Pengertian Sejarah Oleh W.J.S Poerwordaminta
Dalam kamus Umum bahasa Indonesia oleh  bahwa terdapat tiga pengertian sejarah yaitu:
1. Seluruh kesusasteraan lama, silsilah dan asal usul
2. Kejadian yang benar benar terjadi di masa lampau
3. Ilmu pengetahuan, cerita pembelajaran tentang pengetahuan
2. Pengertian sejarah menurut Norman E. Cantor
Pengertian sejarah adalah studi tentang apa yang telah diperbuat, dikatakan dan dipikirkan oleh manusia pada masa lampau
2. Pengertian sejarah menurut R.Mohammad Ali
Pengertian sejarah adalah keseluruhan perubahan dan kejadian kejadian yang benar benar telah terjadi atau ilmu yang menyelidik perubahan perubahan yang benar benar terjadi pada masa lampau. Pengertian sejarah dari Bapak R.Mohammad Ali adalah adanya perubahan dalam sejarah.
3. Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun
Pengertian sejarah menurut sejarawan muslim ini bahwa pengertian sejarah adalah rekaman perputaran masa dan pergantian kekuasaan yang terjadi pada masa lampau bila dilihat dari sisi luar, dan sejarah apabila dilihat dari sisi dalam adalah suatu studi dan penalaran kritis dan usaha cermat untuk mencari kebenaran. Dalam pengertian sejarah ini, diartikan bahwa sejarah merupakan suatu penjelasan yang cerdas tentang sebab dan asal usul segala sesuatu ataupun suatu pengetahuan mendasar tentang bagaimana dan mengapa peristiwa peristiwa itu terjadi. Dalam pengertian sejarah oleh Ibnu Khaldun ini anda tidak boleh melihat bahwa mencari kebenaran hanya dengan mengumpulkan fakta fakta saja akan tetapi menalarkan fakta yang ada.
4. Pengertian sejarah menurut Edward Hallet Carr
Pengertian sejarah adalah suatu proses interaksi terus menerus antara sejarawan dengan fakta fakta yang ada padanya atau suatu dialog yang tidak ada hentinya antara masa sekarang dan masa lampau. Hal yang harus anda perhatikan dalam pengertian sejarah ini adalah adanya  kontinuitas atau berkesinambungan. Kontinuitas yang dimaksud dalam pengertian sejarah ini adalah bahwa apa yang terjadi pada masa sekaran merupakan kelanjutan dari apa yang terjadi pada masa lampau.
5. Pengertian Sejarah Menurut Kuntowijoyo
Pengertian sejarah menurut Kuntowijoyo ada dua yaitu pengertian sejarah secara positif dan pengertian sejarah secara negatif. Pengertian sejarah secara positif yaitu ilmu tentang manusia , tentang waktu , tentang sesuatu yang mempunyai makna sosial dan ilmu tentang sesuatu yang terinci dan tertentu. Sedangkan, pengertian sejarah secara negatif adalah bukan mitos, filsafat, bukan ilmu alam dan bukan sastra. 
Dalam pengertian sejarah ini kita harus memahami bahwa sejarah  menyuguhkan fakta secara diakronis, unik, empiris dan ideografis.
Sejarah bersifat ideografis karena sejarah menggambarkan, memaparkan, dan menceritakan sesuatu. Sementara itu sejarah bersifat diakronis karena berhubungan dengan perjalanan waktu. Sejarah bersifat unik karena berisi hasil penelitian tentang hal-hal yang unik dan secara khas hanya berlaku pada sesuatu. bukan hanya itu, sejarah juga bersifat empiris, yaitu sejarah berpegang teguh pada pengalaman manusia yang benar benar terjadi terjadi.
Sekiranya cukup beberapa pengertian sejarah dari beberapa ahli diatas, anda pasti telah mengerti tentang apa pengertian sejarah itu, bagaimana sejarah itu. Yah, kalau disimpulkan dapat disebut bahwa Pengertian sejarah adalah:

Sejarah adalah cabang ilmu yang mengkaji secara sistematis keseluruhan perkembangan proses perubahan dan dinamika kehidupan masyarakat dengan segala aspek kehidupannya yang terjadi pada masa lampau.

Setelah membahas tentang pengertian sejarah, terdapat beberapa ciri ciri sejarah atau unsur unsur sejarah yaitu peristiwa tersebut unik(enmalig), peristiwa tersebut besar pengaruhnya, menyangkut kehidupan manusia, dibatas unsur spasial (tempat) dan temporal (waktu). 
————-
Mari selanjutnya kita beranjak ke ruang lingkup sejarah.

Ruang Lingkup Ilmu Sejarah

Untuk mengenal sejarah sebagai ilmu pengetahuan diperlukan pemahaman terhadap ruang lingkup ilmu sejarah. hal hal yang perlu kamu tahu dalam memahami ruang lingkup sejarah adalah konsep konsep sejarah, unsur unsur sejarah dan hubungan sejarah dengan ilmu ilmu lainnya. Berikut beberapa uraian tentang ruang lingkup ilmu sejarah.
Untuk mengenal sejarah sebagai ilmu pengetahuan diperlukan pemahaman terhadap ruang lingkup ilmu sejarah. hal hal yang perlu kamu tahu dalam memahami ruang lingkup sejarah adalah konsep konsep sejarah, unsur unsur sejarah dan hubungan sejarah dengan ilmu ilmu lainnya. Berikut beberapa uraian tentang ruang lingkup ilmu sejarah.

A. Konsep Konsep Sejarah

Konsep adalah suatu wujud dari kemampuan akal dalam membentuk gambaran baru yang bersifat abstrak (tidak nyata) berdasarkan data atau dengan memahami maksud suatu kajian. Dengan kata lain, konsep sejarah adalah arti yang ada dalam sejarah. Jadi, apa saja konsep dalam sejarah?
a. Sejarah Sebagai Peristiwa (History as event)
Sejarah sebagai peristiwa adalah kejadian, kenyataan (realita), aktualitas sejarah yang telah terjadi atau berlangsung di masa lalu. Sejarah harus mengandung kejadian kejadian yang benar benar terjadi pada masa lalu. Tanpa adanya kejadian tersebut di masa lalu, tidak boleh disebut sebagai sejarah. Sejarah sesuai dengan definisi dari Edward Hallet memiliki konsep berkesinambungan, atau tidak terpisah pisah, dilaporkan kronologis dan menceritakan tentang kehidupan manusia bukan hanya rangkaian tahun saja.
b. Sejarah Sebagai Kisah (History as Narrative)
Sejarah adalah rangkaian cerita berupa narasi yang disusun berdasarkan ingatan, tafsiran manusia ataupun kesan tentang kejadian yang terjadi di masa lalu. Oleh karena adanya sifat lupa dari manusia dan tafsiran yang berbeda beda, maka sejarah dalam mengisahkan sesuatu terdapat beberapa perbedaan. Akan tetapi tidak boleh menyalahi fakta yang ada tetap.
c. Sejarah sebagai ilmu (History as Science)
Sejarah sebagai ilmu mempelajari kenyataan dan diadakan penelitian dan pengkajian tentang peristiwa dan cerita sejarah (lihat pengertian sejarah oleh Ibnu Khaldun diatas). Konsep ini merupakan konsep terpenting dari sejrah. Sebagai ilmu sejarah adalah susunan pengetahuan tentang peristiwa dan cerita yang terjadi di dalam masyarakat pada masa lalu yang disusun secara sistematis dan metodis berdasarkan asas asas, prosedur dan metode  secara teknik ilmiah yang diakui oleh para ahli sejarah.
Tentu saja, sejarah sebagai ilmu pengetahuan (science) harus memenuhi syarat syarat ilmiah seperti empiris, objektif, memiliki teori, menggeneralisasikan (kesimpulan umum), dan terakhir sejarah harus memiliki metode ilmiah. Metode ilmiah yang sering digunakan adalah penentuan tema, heuristik (pencarian dan pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran sumber), dan historiografi (penulisan sejarah).
d. Sejarah sebagai seni (History as arts)
Sejarah dikatakan sebagai seni dikarenakan  perlunya intuisi, imajinasi, emosi dan gaya bahasa dalam menuliskan sejarah itu sendiri. 

B. Unsur Unsur dan Periodisasi Sejarah

Unsur unsur dalam sejarah ada tiga yaitu manusia, ruang atau lokasi dan waktu. Dalam unsur unsur sejarah khususnya waktu sering dilakukan periodisasi dalam sejarah yaitu pembabakan sejarah. Diperlukan kronologi atau urutan urutan peristiwa dan membaginya menjadi babak babak tertentu sehingga lebih mudah dipelajari dan dipahami oleh orang khususnya orang awam. Umumnya periodisasi dibagi atas beberapa pertimbangan seperti waktu, penguasa, negara, wilayah, dan lainnya.

C. Hubungan Sejarah Dengan Ilmu Pengetahuan Lain

Disini saya tidak akan membahas terlalu jauh tentang hubungan sejarah dengan ilmu pengetahuan lain terlalu panjang, sejarah dalam ilmu sosial sendiri dipandang sebagai ilmu humaniora atau ilmu ilmu kemanusiaan dan ilmu sosial. Hal yang perlu anda pahami adalah bahwa sejarah berbeda dengan ilmu pengetahuan lainnya karena beberapa poin dibawah ini yaitu:
1.Sejarah terikat oleh Waktu
Sejarah mengambil waktu sebagai faktor yang penting yang harus ada dalam ilmu sejarah. Sementara, beberapa ilmu sosial  tidak terlalu dianggap penting. Kronologi membedakan sejarah dengan ilmu pengetahuan lainnya.
2. Sejarah terikat oleh tempat
sejarah dijelaskan bahwa memiliki sifat unik dan einmalig atau terjadi hanya sekali. Sifat unik ini sangat terikat dengan tempat ataupun spasial.
3. Sejarah menekankan Kekhususan 
Keterikatan sejarah terhadap tempat dan waktu membuat sejarah sebagai kajian unik dan khusus. Dalam sejarah, apabila diceritakan tentang perlawanan rakyat Indonesia dalam melawan penjajah, dalam pengisahannya akan dikhususkan tentang perlawanan perlawanan tersebut dan alasan-alasannya.
pengertian sejarah dan ruang lingkup ilmu sejarah
Sejarah erat hubungannya dengan waktu
Saya rasa cukup pembahasan tentang pengertian sejarah dan ruang lingkup ilmu sejarah.
Sumber artikel pengertian sejarah dan ruang lingkup ilmu sejarah
About these ads
Pengertian Sejarah dan Ruang Lingkup Ilmu Sejarah | Harian Netral | 4.5