Pengertian Inflasi, Jenis Jenis Inflasi dan Cara Penanganannya

loading...
Advertisement


loading...

Inflasi

Pengertian inflasi dulunya adalah banyaknya jumlah uang yang beredar (Chisholm, Hugh, 1922). Kali ini kita akan mempelajari tentang apa itu Inflasi, apa pengertian inflasi, jenis jenis inflasi dan cara menangani inflasi itu sendiri berdasarkan sejarah inflasi.

A. Pengertian Inflasi

Pengertian inflasi adalah proses kenaikan harga-harga umum secara terus menerus. Kejadian inflasi akan mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat. Hal ini terjadi dikarenakan dalam inflasi akan terjadi penurunan tingkat pendapatan (Bambang dan Aristanti, 2007).
Pengertian Inflasi adalah suatu keadaan (circumstance) yang mengakibatkan naiknya harga secara umum atau proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus (berkesinambungan). Inflasi dengan kata lain merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu. Inflasi merupakan proses suatu kejadian dan bukan tinggi rendahnya tingkat harga. Sehingga, jangan menganggap kalau tingkat harga tinggi itu berarti inflasi tinggi. Inflasi terjadi kalau proses kenaikan harga yang terus menerus dan saling pengaruh mempengaruhi (Sukwiaty, dkk., 2009).
Dalam pengertian inflasi tersebut terdapat 3 poin penting yaitu:
  1. Dalam inflasi, terjadi kecenderungan peningkatan harga 
  2. Peningkatan harga dalam inflasi terjadi terus menerus (kontinu) bukan hanya sekali atau dua kali saja dalam suatu waktu saja.
  3. Berhubungan dengan pengertian tingkat harga umum, tidak terbatas pada beberapa komoditas saja ataupun pada satu waktu saja.
Pengertian inflasi menurut economicshelp.org bahwa inflasi berarti peningkatan yang berkelanjutan dalam tingkat harga keseluruhan atau umum (general price level) dalam suatu perekonomian. Inflasi berarti ada peningkatan biaya hidup (cost of living).Pengertian inflasi menurut economicshelp.org bahwa inflasi berarti peningkatan yang berkelanjutan dalam tingkat harga keseluruhan atau umum (general price level) dalam suatu perekonomian. Inflasi berarti ada peningkatan biaya hidup (cost of living).
Dapat dibahasakan dengan sederhana bahwa pengertian inflasi adalah jumlah barang yang kamu beli dengan uang hari ini atau kedepannya tidak akan sama banyaknya dengan kemarin.
Pengertian Inflasi menurut Investopedia bahwa inflasi adalah rasio peningkatan  tingkat harga umum terhadap barang dan jasa dan kemudian daya beli yang menurun. 
Sebenarnya memang terjadi beberapa pergeseran tentang pengertian inflasi. Dikarenakan sekarang ini sudah terbagi menjadi dua yaitu inflasi moneter dan inflasi harga. Mari simak pengertian inflasi dibawah ini:
Pengertian inflasi dan jenis jenis inflasi
Pengertian Inflasi

Pengertian Inflasi menurut Kamus Lengkap Webster’s New Universal (1983) bahwa inflasi adalah peningkatan jumlah mata uang yang beredar yang mengakibatkan penurunan nila mata uang yang tajam dan tiba tiba serta kenaikan harga: Hal ini dapat disebabkan oleh peningkatan jumlah uang kertas yang dikeluarkan atau emas yang ditambang atau peningkatan pengeluaran relatif seperti saat pasokan barang gagal memenuhi permintaan. 

“An increase in the amount of currency in circulation, resulting in a relatively sharp and sudden fall in its value and rise in prices: it may be caused by an increase in the volume of paper money issued or of gold mined, or a relative increase in expenditures as when the supply of goods fails to meet the demand

Dalam pengertian inflasi ini dijelaskan tentang apa itu inflasi akan tetapi diarahkan bahwa inflasi adalah sebuah sebab bukan sebuah akibat. Hal ini terlihat dari sebab inflasi itu sendiri diindikasikan pertama kali sebagai terjadinya kelebihan jumlah uang kertas yang beredar bukan kenaikan harga barang yang pertama.
Kemudian pengertian inflasi yang sedikit berbeda dari Kamus Bahasa Inggris American Heritage edisi Ke-IV bahwa inflasi adalah peningkatan terus-menerus di tingkat harga konsumen atau penurunan terus-menerus dalam daya beli uang, disebabkan oleh peningkatan mata uang yang tersedia dan kredit di luar proporsi barang dan jasa yang tersedia. Dalam pengertian inflasi ini inflasi didefinisikan sebagai sebuah akibat bukan sebagai sebab.

A persistent increase in the level of consumer prices or a persistent decline in the purchasing power of money, caused by an increase in available currency and credit beyond the proportion of available goods and services.



Pengertian inflasi yang cukup lucu dari Wordnet 1,6 (1997/Universitas Princeton) bahwa inflasi adalah peningkatan harga umum secara progresif; “Saat inflasi terjadi, semuanya semakin bernilai kecuali uang”.

a general and progressive increase in prices; “in inflation everything gets more valuable except money” [syn: rising prices] [ant: deflation, disinflation]

Terakhir, pengertian inflasi menurut Investoword bahwa inflasi adalah kenaikan harga umum keseluruhan  barang dan jasa dalam suatu perekonomian yang biasanya diukur dengan indeks harga konsumen (Consumer Price Index) dan Indeks Harga Produsen (Producer Price Index); kebalikan dari deflasi.
Nah, sudah paham tentang pengertian inflasi, sekian dan terima kasih. Kali ini kita akan masuk ke pembahasan jenis jenis inflasi.
——————-

B. Jenis jenis inflasi

Jenis jenis inflasi yang terjadi dapat dikelompokkan berdasarkan sifat, sebab terjadinya, dan berdasarkan asalnya.

B.1 Jenis Jenis Inflasi Berdasarkan Sifat

Jenis jenis inflasi berdasarkan sifatnya terbagi menjadi empat kelompok utama yaitu inflasi sangat tinggi, inflasi berat, inflasi menengah dan inflasi rendah.
1. Inflasi rendah atau creeping inflation
Pengertian inflasi rendah atau creeping inflation adalah inflasi yang besarnya kurang  dari 10 % tahun. Inflasi seperti ini terkesan dibutuhkan dalam perekonomian untuk mendorong produsen agar memproduksi lebih banyak barang dan jasa.

2. Inflasi Menengah atau Galloping Inflation
Pengertian inflasi menengah adalah inflasi yang besarnya berkisar antara 10-30 % setiap tahun. Inflasi menengah terjadi saat harga-harga barang dan jasa naik secara cepat dan besar. Dalam perekonomian, inflasi ini disebut inflasi dua digit.
3. Inflasi berat atau High Inflation
Pengertian inflasi berat atau high inflation adalah sebuah inflasi yang berada dalam kisaran 30-100% setiap tahunnya.
4. Inflasi sangat tinggi atau Hyperinflation
Pengertian inflasi sangat tinggi atau hyperinflation adalah inflasi yang terjadi dengan kenaikan harga mencapai 4 digit atau diatas 100 %. Sebelum terjadi hiperinflasi, saya sarankan anda membeli banyak barang ataupun aset sebanyak banyaknya, karena saat terjadi hiperinflasi, uang anda lebih baik dibakar.
Pengertian Inflasi, Jenis Jenis Inflasi dan Cara Penanganannya
Ilustrasi inflasi hiperinflasi

B.2 Jenis jenis inflasi berdasarkan Sebabnya

Jenis jenis inflasi berdasarkan sebabnya dapat dibagi menjadi tiga yaitu demand pull inflation, cost pull inflation dan bottle neck inflation.
1. Demand Pull Inflation
Pengertian Demand pull inflation adalah inflasi yang terjadi akibat pengaruh permintaan (demand) yang tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah penawaran produksi. Hal ini mengakibatkan kenaikan harga barang sesuai  dengan hukum permintaan yaitu apabila permintaan tinggi sedangkan penawaran tetap maka harga akan naik.Apabila hal tersebut berlangsung terus menerus, akan terjadi inflasi berkepanjangan.
2. Cost Push Inflation
Pengertian cost inflation adalah inflasi yang disebabkan oleh kenaikan biaya produksi yang disebabkan oleh kenaikan biaya input atau biaya faktor produksi. 
3. Bottle neck inflasi atau inflasi leher botol
Pengertian bottle neck inflasi adalah inflasi yang disebabkan oleh faktor penawaran atau faktor permintaan.

B.3 Jenis jenis inflasi berdasarkan Asalnya

Jenis jenis inflasi berdasarkan asalnya dapat dibagi menjadi dua yaitu inflasi domestik dan inflasi diimpor atau imported inflasi
1. Inflasi Domestik 
Pengertian inflasi domestik adalah inflasi yang terjadi akibat adanya defisit dalam pembiayaan dan belanja negara yang terlihat pada anggaran belanja negara (APBN).
2. Inflasi diimpor
Pengertian inflasi diimpor adalah inflasi yang berasal dari luar negeri yang timbul karena negara negara yang menjadi mitra dagang negara tertentu mengalami inflasi yang tinggi. Kenaikan harga harga di luar negeri yang menjadi mitra dagang utama yang secara langsung ataupun tidak langsung akan menaikkan biaya produksi dalam negeri. Kenaikan ini akan menaikkan harga harga barang

C. Cara Penanganan Inflasi

Berikut beberapa cara dalam menangani inflasi atau mengontrol inflasi 
1. Meningkatkan produksi barang dan jasa dalam negeri khususnya sembako 
2. Mengurangi budaya konsumtif masyarakat dengan pendidikan 
3. Meningkatkan produktivitas industri mikro seperti home industri
4. Kendali terhadap pajak dan harga harga barang dan jasa oleh pemerintah
5. Mengurangi ekspor barang dan jasa dari luar negeri khususnya kepada negara yang mengalami inflasi cukup tinggi.
6. Meningkatkan atau menambah lapangan kerja sehingga kemampuan atau daya beli masyarakat bertambah. Banyak ahli yang menyepakati adanya TKI yang bekerja di luar negeri untuk mengurangi inflasi
7. Beberapa negara memberikan bantuan dana kepada warganya. Akan tetapi, banyak ahli tidak sepakat dengan cara ini bila digunakan secara berkepanjangan. Akan menyebabkan inflasi yang lebih besar lagi karena beban negara khususnya APBN bertambah diwilayah subsidi.
8. Mengurangi subsidi atau bahkan tidak mensubsidi barang barang yang dikonsumsi oleh warga yang tidak miskin. Termasuk BBM diatas penggunaan 3 liter.
Pengertian Inflasi, Jenis Jenis Inflasi dan Cara Penanganannya 1
Ilustrasi inflasi 
Sumber Artikel Pengertian Inflasi, Jenis Jenis Inflasi dan Cara Penanganannya

Advertisements
Pengertian Inflasi, Jenis Jenis Inflasi dan Cara Penanganannya | Harian Netral | 4.5