Pengertian Kepemimpinan dan Pemimpin Menurut Ahli Manajemen

loading...
Advertisement


loading...

Kepemimpinan dan Pemimpin

Pengertian kepemimpinan | Apa itu Kepemimpinan ? Kalian pasti bingung dengan kepemimpinan dan pemimpin dan apa bedanya? Secara jelas pengertian pemimpin dan kepemimpinan itu berbeda.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Ahli Manajemen

Pengertian kepemimpinan menurut R.D. Agarwal (1984) sebagai seni memengaruhi orang lain untuk mengarahkan kemauan para anggota, kemampuan (ability) dan usaha (effort) untuk mencapai tujuan pimpinan.
Pengertian kepemimpinan menurut Bartol (1991) adalah proses memengaruhi orang lain ke arah tujuan organisasi. Sedangkan menurut Koontz (1984), kepemimpinan adalah pengaruh, kiat atau proses memengaruhi orang orang sehingga mereka mau berusaha secara sepenuh hati dan antusias untuk mencapai tujuan kelompok.
Tiga definisi dan pengertian kepemimpinan menurut ahli manajemen diatas menunjukkan bahwa unsur unsur yang ada dalam kepemimpinan adalah:
1. Proses / Seni memengaruhi
2. Mengarahkan
3. Usaha / Kegiatan
4. Pencapaian tujuan
Benne dan Sheats pada Buku E.H. Schein (1984) membagi fungsi kepemimpinan sebagai fungsi fungsi tugas seperti memberikan opini, inisiatif, informasi, uji konsensus dan fungsi-fungsi pembentukan dan pembinaan kelompok (dorongan, keharmonisan, standar standar kedudukan dan pengujian dan penjagaan gawang serta pengawasan dalam kelompok).
baca pengertian kelompok>>>>
Kepemimpinan menurut Kotter (1990) bahwa dalam suatu organisasi yang kompleks melaksanakan fungsi konstruktif atau perubahan adaptif melalui tiga subproses yang dapat digambarkan sebagai berikut:
Pengertian Kepemimpinan dan Pemimpin Menurut Ahli Manajemen
Pengertian Kepemimpinan
a. Menetapkan arah (set direction)
Sebuah kepemimpinan, menetapkan arah dalam mengembangkan suatu visi masa depan sepanjang itu melakukan strategi untuk melahirkan perubahan perubahan yang dibutukan untuk mencapai visi tersebut.
Baca pengertian visi dan misi>>>>
b. Mengarahkan banyak orang (directing many people)
Cara kerja sama yang dibutuhkan dikomunikasikan agar tercipta kesatan pemahaman tentang visi dan dilaksanakan untuk mencapai visi tersebut.
baca pengertian komunikasi>>>
c. Memberikan inspirasi dan Memberikan Motivasi (Provide motivation and motivation giving)
Orang orang yang bekerja dalam organisasi kita, kepemimpinan dibutuhkan untuk menjaga agar para anggota organisasi bergerak ke arah yang benar.
baca pengertian motivasi>>>>
baca pengertian organisasi>>>>
Kepemimpinan menurut Pandji Anoraga dalam buku Perilaki Keorganisasian bahwa inti dari kepemimpinan adalah kemampuan dalam mempengaruhi orang lain. Oleh karena itu, dalam kepemimpinan, perlu dilakukan berbagai strategi:
baca pengertian strategi>>>>
1. Dalam mengemukakan argumen dan alasan yang logis perlu didukung oleh fakta dan data yang jelas
2. Dalam berorganisasi, diperlukan sikap bersahabat (being friendly) dan mendukung upaya baik para anggota
3. Dalam melaksanakan pekerjaan, perlunya memobilisasi dan mengaktifkan anggota
4. Negosiasi
5. Menggunakan perdebatan langsung dan bisa juga menggunakan paksaan bila dirasa perlu
6. Mencari dukungan dari superior 
7. Perilaku menyimpang harus diberikan sangsi dan hukuman untuk memberikan efek jerah dan peringatan dan pembelajaran untuk anggota yang lain.
Setelah anda mengetahui apa itu kepemimpinan serta mengetahui pengertian kepemimpinan menurut ahli manajemen diatas, ada bagusnya bila anda mengetahui juga tentang pengertian pemimpin
Selanjutnya baca pengertian pemimpin menurut ahli manajemen>>>>>
About these ads
Pengertian Kepemimpinan dan Pemimpin Menurut Ahli Manajemen | Harian Netral | 4.5