Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

loading...
Advertisement


loading...

Pengertian Kebudayaan 

Apa itu Kebudayaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kebudayaan | Selamat pagi, mari simak pengertian kebudayaan menurut para ahli berikut. Secara umum, pengertian kebudayaan adalah pengertian kebudayaan adalah segala hal yang kompleks, yang di dalamnya berisikan kesenian, kepercayaan, pengetahuan, hukum, moral, adat istiadat serta keahlian ataupun ciri khas lainnya yang diperoleh individu sebagai anggota dalam suatu masyarakat (baca pengertian kebudayaan secara umum)

Ulasan tentang pengertian kebudayaan kali ini akan dibagi dua yaitu pengertian kebudayaan menurut para ahli dalam negeri (Indonesia) dan pengertian kebudayaan menurut para ahli dari luar Negeri.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Dalam Negeri (Indonesia)

Para Ahli  Pengertian Kebudayaan

Prof.Dr.Koentjoroningrat (1985: 180)

Pengertian Kebudayaan adalah keseluruhan gagasan, sistem, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik manusia melalui belajar.

Ki Hajar Dewantara

Pengertian kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

R. Seokmono

Pengertian kebudayaan adalah segala hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.

Effat al-Syarqawi Definisi kebudayaan sebagai khazanah sejarah suatu bangsa/masyarakat yang tercermin dalam pengakuan/kesaksiannya dan nilai-nilainya, yaitu kesaksian dan nilai-nilai yang menggariskan bagi kehidupan suatu tujuan ideal dan makna rohaniah yang dalam, bebas dari kontradiksi ruang dan waktu
Parsudi Suparlan Kebudayaan didefinisikan sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterprestasikan lingkungan dan pengalamanya, serta menjadi landasan bagi tingkah-lakunya
Sutan Takdir Alisyahbana Definisi kebudayaan adalah manifestasi dari cara berfikir.
Dr.Mohammad Hatta Pengertian Kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa
Mangunsarkoro Kebudayaan adalah segala yang merupakan hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya
Djojodigono(1958) Pengertian kebudayaan adalah daya dari budi, yang berupa cipta, karsa dan rasa
Drs.Sidi Gazalba Definisi mengenai kebudayaan dengan mengatakan kebudayaan itu adalah daya dari budi, yang berupa cipta, karsa dan rasa.

Pengertian Kebudayaan menurut Para ahli


Pengertian Kebudayaan Menurut Ahli Luar Negeri

Para Ahli  Pengertian Kebudayaan
Nostrand (1989: 51) 
Pengertian budaya sebagai sikap (attitude) dan kepercayaan (believe), cara berpikir (way of think) , berperilaku (behavior) , dan mengingat bersama oleh anggota komunitas tersebut. 
Richard brisling (1990: 11) 

Kebudayaan sebagai mengacu pada cita-cita bersama secara luas (Culture as a reference to the ideals of widely shared), nilai (values), pembentukan (formation) dan penggunaan kategori (use of categories), asumsi tentang kehidupan (assumption about life), dan kegiatan goal-directed (goal-directed activities) yang menjadi sadar tidak sadar diterima sebagai “benar” dan “benar” (that become conscious unconsciously accepted as “true” and “right”) oleh orang-orang yang mengidentifikasi diri mereka sebagai anggota masyarakat. 

Croydon (1973: 4) 

Budaya (Culture) adalah suatu sistem pola terpadu (system of integrated pattern) , yang sebagian besar berada di bawah ambang batas kesadaran (most of which are below the threshold of consciousness) , namun semua yang mengatur perilaku manusia sepasti senar dimanipulasi dari kontrol boneka gerakannya ( but all of which regulate human behavior as surely string puppet manipulated from the control movements).

Edward Spranger
Kebudayaan sebagai segala bentuk atau ekspresi dari kehidupan batin (Culture as any form or expression of the inner life) masyarakat. Sedangkan peradaban ialah perwujudan kemajuan teknologi (While civilization is the embodiment of technological advances) dan pola material kehidupannya (patterns of material life).
Herskovits
Herskovits sees culture as something handed down from one generation to another, which is then referred to as superorganik.
Bounded et.al
Pengertian kebudayaan adalah hal hal yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu, misalnya simbol bahasa sebagai rangkaian simbol yang digunakan untuk mengalihkan keyakinan budaya di antara para anggota suatu masyarakat.
Mitchell (Dictionary of Soriblogy) engertian Kebudayaan adalah sebagian dari semua aktivitas dan prokduk manusia yang berulang. (Culture is partially looping the whole action or human activity) yang telah digunakan dan dikenal oleh masyarakat dan bukan hanya hasil dari potensi genetik
Robert H Lowie

Pengertian Kebudayaan adalah segala sesuatu yang di peroleh individu (Culture is everything that an individual obtained) dari masyarakat, mencakup kepercayaan (beliefs), adat istiadat (costums), kebiasaan makan (eating habits), norma-norma artistik (artistic norms), keahlian yang di peroleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan (skills obtained instead of creativity itself but is a legacy)  masa lampau yang di dapat melalui pendidikan formal atau informal.

M. Jacobs dan B.J. Stern Pengertian kebudayaan meliputi seluruh bentuk ideologi, agama, kepercayaan, benda, teknologi sosial dan seluruhannya merupakan warisan sosial.
Sir Edwards B Tylor (1871: 1) Pengertian kebudayaan adalah keseluruhan Kompleks Dari ide dan segala Sesuatu Yang dihasilkan Manusia KESAWAN pengalaman historisnya. Termasuk disini adalah pengetahuan, kepercayaan, Seni, moral, Hukum, kebiasaan, kemampuan Lainnya Serta therapy terapi dan Yang diperoleh Manusia sebagai anggota Masyarakat


Demikianlah pengertian kebudayaan menurut para ahli sekian dan terima kasih….

Advertisements
Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli | Harian Netral | 4.5