Pengertian Identitas Nasional dan Penjelasannya

Advertisement
loading...


Identitas Nasional dan Pengertian Identitas Nasional

Pengertian Identitas Nasional | Pada kesempatan ini akan dijelaskan tentang pengertian identitas nasional. Kata identitas berasal dari kata identity (Inggris) yang memiliki pengertian harfiah tanda-tanda, ciri-ciri, atau jati diri yang melekat pada individu atau sesuatu yang membedakannya dengan yang lain. Identitas dalam antropologi memiliki pengertian sifat khas yang menerangkan dan sesuai dengan kesadaran diri pribadi sendiri, golongan sendiri, kelompok, komunitas, atau negara sendiri. Berangkat dari pengertian identitas ini, identitas tidak terbatas pada individu semata, tetapi berlaku pada suatu kelompok.
Pengertian identitas nasional | Sedangkan kata Nasional merupakan identitas yang dimiliki oleh kelompok kelompok yang lebih besar (larger group) yang diikat oleh kesamaan, kesamaan, baik fisik seperti budaya (culture), agama (religion), dan bahasa (language) maupun nonfisik seperti keinginan (needs), cita-cita (goals) dan tujuan (purpose). Himpunan kelompok inilah yang kemudian disebut dengan istilah identitas nasional atau identitas bangsa yang diharapkan pada akirnya dapat melahirkan tindakan kelompok yang diwujudkan dalam bentuk pergerakan pergerakan (movement) atau bentuk organisasi yang diberi atribut-atribut nasional. 

Identitas Nasional dalam konteks Indonesia merupakan manifestasi nilai nilai budaya yang tumbuh dan berkembanga dalam berbagai aspek kehidupan dari ratusan suku yang dihimpun dalam satu kesatuan Indonesia menjadi kebudayaan nasional dengan acuan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai dasar dan arah pengembangannya. Dengan kata lain, hakikat identitas Nasional kita sebagai bangsa di dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara adalah Pancasila yang aktualisasinya tercermin dalam penataan kehidupan kita dalam arti lusa, contoh dalam aturan UU atau hukum, nilai nila etika dan moral yang secara normatif diterapkan dalam keseharian, sistem pemerintahan yang diidamkan, baik dalam tataran nasional serta internasional dan lain sebagainya. 
Pengertian identitas nasional | Nilai nilai budaya tercermin di dalam Identitas nasional tersebut bukanlah sesuatu yang telah sempurna dalam kebekuan normatif dan dogmatis karena adanya hasrat menuju kemajuan yang dipunyai oleh masyarakat pendukungnya. Konsekuensi dan implikasinya adalah identitas nasional merupakan suatu yang terbuka untuk ditafsir dengan diberi makna baru (new meaning) sehingga tetap searah dan relevan serta fungsional dalam kondisi aktual (actual condition) yang berkembang dalam masyarakat.



Muatan muatan identitas nasional terdiri atas beberapa poin yaitu pandangan hidup bangsa (viewpoint of the nation), kepribadian bangsa (national identity), filsafat pancasila, ideologi negara. Dasar dasar negara, norma peraturan; rule  of law (baca pengertian rule of law); hak dan kewajiban warga negara demokrasi dan hak asasi manusia (HAM); Etika politik dan terakhir geopolitik Indonesia dan geostrategi ketahanan nasional.

Pancasila-Pengertian identitas nasional
Pancasila Sebagai salah satu Identitas nasional
Pengertian identitas nasional | Berdasarkan muatan muatan identitas pada paragraf diatas, terang bahwa pengertian identitas nasional adalah pandangan hidup bangsa, kepribadian bangsa, filsafat pancasila, serta sebagai ideologi negara sehingga memiliki kedudukan paling tinggi dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalamnya tatanan hukum yang digunakan di Indonesia. Dalam pengertian lain identitas nasional sebagai dasar negara yang merupakan norma peraturan yang harus dijunjung tinggi oleh seluruh warga negara tanpa mengesampingkan rule of law, yang mengatur tentang hak dan kewajiban warga negara, demokrasi serta hak asasi manusia (HAM) yang berkembang semakin dinamis di Indonesia. Hal inilah yan menjadi etika politik yang kemudian dikembangkan menjadi konsep geopolitik dan geostrategi ketahanan nasional di Indonesia.
Sekian penjelasan tentang pengertian identitas nasional, baca pengertian lainnya di apapengertianahli
Advertisements
Pengertian Identitas Nasional dan Penjelasannya | Harian Netral | 4.5