Apa itu Anoreksia?

Advertisement


loading...

Anoreksia, kurangnya selera makan walaupun terdapat kebutuhan fisiologis akan makanan, adalah gejala GI  yang umum dan merupakan gangguan endokrin serta merupakan ciri dari gangguan psikologis tertentu, seperti anoreksia nervosa. 
Kondisi ini juga dapat merupakan akibat dari faktor-faktor seperti kecemasan, nyeri kronik, kebersihan mulut yang buruk, meningkatnya suhu darah akibat cuaca panas atau demam, dan perubahan cita rasa atau penciuman yang biasanya menyertai penuaan. 
Anoreksia juga dapat merupakan akibat dari terapi atau penyalahgunaan obat-obatan. Anoreksia jangka pendek jarang membahayakan kesehatan, tetapi anoreksia kronik dapat mengarah pada malnutrisi yang mengancam nyawa serta gangguan elektrolit.
Penyebab Medis  anoreksia dapat terjadi karena , sindrom defisiensi imun dapatan (AIDS), hipofungsi adrenokortikal, alkoholisme, anoreksia nervosa, apendisitis, kanker, gagal ginjal kronis, sirosis, penyakit crohn, gastritis, hepatitis, hipotiroidisme, ketoaksidosis, anemia pernisiosa. Selain sebab penyakit, anoreksia dapat disebabkan oleh obat-obatan berupa amfetamin, agen kemoterapi, efedrin, antibiotik. Terapi radiasi dapat menjadi penyebab anoreksia serta diet gula.
Advertisements
Apa itu Anoreksia? | Harian Netral | 4.5