Pengertian Kebudayaan Secara Umum

loading...
Advertisement


loading...

Pengertian Kebudayaan | Selamat pagi, Kali ini akan dibahas tentang pengertian kebudaayan. Kalian pasti tahu bahwa secara umum pengertian kebudayaan adalah segala hal yang berhubungan dengan budi dan akal. Secara etimologi, kebudayaan berasal dari kata “BUDDHAYAH” (Sansekerta). Kebudayaan (Buddhayah) sendiri merupakan kata jamak dari kata “BUDDHI” (sansekerta) yang berarti budi atau akal.
Dalam bahasa Inggris, kebudayaan berarti culture yang diserap dari “colere” (latin) yang berarti mengerjakan atau mengolah (bertani atau mengolah tanah). Berdasarkan penjelasan sebelumnya, kemudian kebudayaan diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan merubah alam.
Pengertian kebudayaan menurut Herkovits bahwa kebudayaan adalah segala sesuatu yang diteruskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi lain atau disebut superorganic, kebudayaan berisikan seluruh nilai, norma, pengertian, ilmu pengetahuan, religius, struktur sosial, dan nilai lainnya sebagai wujud intelektual dan rasa seni yang menjadi identitas atau ciri khas suatu masyarakat. Melville dan Bronislaw mengungkapkan bahwa segala hal yang terdapat dalam suatu masyarakat ditentukan oleh “culture” (kebudayaan) masyarakat itu sendiri.
Sehingga dapat dikatakan bahwa pengertian kebudayaan adalah segala hay yang kompleks, yang di dalamnya berisikan kesenian, kepercayaan, pengetahuan, hukum, moral, adat istiadat serta keahlian ataupun ciri khas lainnya yang diperoleh individu sebagai anggota dalam suatu masyarakat.

Pengertian Kebudayaan Secara Umum
Skema sederhana tentang pengertian kebudayaan


Sekian ulasan tentang pengertian kebudayaan, untuk lebih jelasnya baca juga pengertian tentang kebudayaan menurut para ahli di apapengertianahli
About these ads
Pengertian Kebudayaan Secara Umum | Harian Netral | 4.5