Definisi dan Pengertian Komunikasi: Apa itu Komunikasi

Advertisement
loading...


Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi | Selamat pagi, Secara umum pengertian komunikasi adalah proses pengiriman (sending) dan penerimaan (receiving) pesan atau berita (informasi) antara dua individu atau lebih dengan cara yang efektif sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahaami.

Agar memahami pengertian komunikasi, mari bahas secara etimologi. Komunikasi berasal dari communicatio (latin) yang artinya “pemberitahuan” atau “pertukaran pikiran”.

Menurut sejumlah ahli, pengertian komunikasi adalah sebuah proses, menurut Laswell, pengertian komunikasi adalah sebuah proses yang memberikan gambaran siapa mengatakan apa dengan cara apa, kepada siapa dengan efek apa.
Mr. Carl I. Hovland menambahkan bahwa pengertian komunikasi sebagai proses komunikator memberikan stimulan yang umumnya terdiri atas lambang lambang bahasa (verbal atau non-verbal) sehingga terjadinya perubahan tingkah laku penerima/orang lain.
Mr. Theodorson memperlebar pengertian komunikasi kepada wilayah ide dan emosi yaitu penyebaran informasi, ide-ide sebagai sikap atau emosi dari satu individu kepada individu lain terutama melalui simbol simbol.
Mr. Edwin Emergy menganggap menghubungkan pengertian komunikasi sebagai salah satu bentuk seni. Komunikasi ialah seni (art) dalam menyampaikan (to express) informasi, ide dan sikap seseorang kepada orang lain.
Senada dengan para ahli lainnya, Delton E beranggapan bahwa pengertian komunikasi adalah sebagai suatu proses interaksi yang memiliki arti antara sesama manusia.

Mr. William albi menghubungkan pengertian komunikasi sebagai sebuah proses sosial. Proses sosial yang dimaksud adalah proses pemberian pesan/lambang/simbol yang mana mau tidak mau akan menumbuhkan pengaruh pada semua proses dan berakibat pada bentuk perilaku manusia dan adat kebiasaan.

Pengertian komunikasi menurut para ahli
Pengertian Komunikasi: Apa itu Komunikasi
Pengertian komunikasi menurut Bapak Cooley bahwa komunikasi adalah suatu mekanisme suatu hubungan (relationship) antarmanusia dilakukan dengan mengartikan simbol secara lisan dan membacanya melalui ruang dan menyimpan dalam waktu.
Mr. A. Winnet mendefinisikan komunikasi sebagai bentuk peralihan maksud, sebuah proses untuk memberikan maksud melalui serangkaian tahapan atau aktivitas kepada penerima.
Karlfried Knapp membuat pengertian komunikasi yang lebih rumit yaitu komunikasi adalah sebuah interaksi antarpribadi (Interpersonal interaction).
Berdasarkan beberapa pengertian dan definisi komunikasi diatas, dapat kita lihat bahwa dapat digolongkan menjadi tiga pengertian utama komunikasi, yaitu pengertian secara paradigmatis, etimologis dan terminologis.
Pengertian komunikasi Secara paradigmatis berarti pola yang meliputi sejumlah komponen berkorelasi satu sama lain secara fungsional untuk mencapa tujuan tertentu.
Pengertian komunikasi secara terminologis adalah proses penyampaian suatu pernyataan oleh seorang kepada orang lain.
Sedangkan secara etimologis, komunikasi berasal dari “communicatio”(latin) dan comminis (latin) yang berarti sesuatu yang dikomunikasikan.
Referensi:
Tommy Suprapto, M.Si.2009. Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. Yokyakarta:Media Pressindo
Wiryanto. Pengantar Ilmu Komunikasi. Grasindo
Advertisements
Definisi dan Pengertian Komunikasi: Apa itu Komunikasi | Harian Netral | 4.5