Perbedaan Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan

loading...
Advertisement


loading...

Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan

Perbedaan Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan| Ilmu adalah pengetahuan,tetapi tidak semua pengetahuan adalah tergolong ilmu pengetahuan. Kant membagi dua jenis pengetahuan, yakni pengetahuan “apriori” dan a-posteriori. Pengetahuan “apriori” ialah pengetahuan yang tidak tergantung pada adanya  pengalaman, atau yang ada sebelum pengalaman. Adapun pengetahuan a-posterior adalah pengetahuan yang terjadi akibat pengalaman (Aceng Rahmat, 2011:12).
Pengetahuan adalah pembentukan pemikiran asosiatif yang menghubungkan atau menjalin sebuah pikiran dengan kenyataan atau dengan pikiran lain berdasarkan pengalaman yang berulang-ulang tanpa pemahaman mengenai kausalitas (sebab-akibat) yang hakiki dan universal. Sedangkan ilmu (ilmu pengetahuan-pen) adalah akumulasi pengetahuan yang menjelaskan kausalitas (hubungan sebab akibat) dari suatu objek menurut metode-metode yang merupakan suatu kesatuan sistematis (Soetriono dan Rita Hanafie, 2007).
Menurut Kaplan (1963), seperti dikutip Dedi Supriadi ada semacam criteria of demarcation antara pengetahuan yang telah bersatus ilmu (ilmu pengetahuan) dengan pengetahuan yang semata-mata hanya akal lumrah (common sense). Kriteria tersebut adalah : Ilmu pengetahuan memiliki objek (objek) formal dan material tertentu, sistematika isi dan wilayah studi disebut  disiplin, terbuka, dan memiliki metode-metode tertentu (Dedi Supriadi). Objek formal adalah cara atau sudut pandang. Dari sudut mana objek materi dipandang, dipikirkan , dan ditinjau atau diselidiki. Sudut pandang ini menggambarkan secara umum ruang lingkup dan tujuan studi (Suhartono Suparlan). Sedang objek material objek yang dijadikan sasaran pokok penyelidikan  berupa materi atau materi yang dihadirkan dalam suatu pemikiran dan penelitian (Suparlan Suhartono).
Ilmu pengetahuan merupakan cabang pengetahuan yang mempunyai ciri-ciri tertentu. Ilmu pengetahuan merupakan salah satu dari sekian pengetahuan, dan kadang juga disebut pengetahuan ilmiah (Scientific knowledge) karena metode ini untuk memperolehnya  dilakukan melalui metode ilmiah. Mengacu pada pemahaman dimaksud, maka pengetahuan mencakup pengertian yang lebih luas dari  ilmu pengetahuan. Namun belum dapat disebut sebagai lmu pengetahuan. Dengan demikian, semua ilmu pengetahuan pastilah terdiri  dari pengetahuan, tetapi tidak semua pengetahuan itu disebut ilmu pengetahuan.
Sekian penjelasan singkat tentang perbedaan Pengetahuan dan Ilmu pengetahuan, untuk lebih memahami baca juga pengertian ilmu pengetahuan menurut para ahli serta klasifikasi ilmu pengetahuan

Perbedaan Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan
Dasar perkembangan Ilmu Pengetahuan adalah tetap bertanya
About these ads
Perbedaan Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan | Harian Netral | 4.5