Pengertian Query dan SQL

Advertisement


loading...

Pengertian Query| Apa itu Query? Pengertian Query adalah kemampuan untuk menampilkan data dari database untuk diolah lebih lanjut yang biasanya diambil dari tabel tabel dalam database. Pengertian query yang lain adalah pertanyaan (question) atau permintaan (order) informasi tertentu daru sebuah database yang tertulis dalam format tertentu. Query dapat didefinisikan sebagai perintah-perintah untuk mengakses data pada database atau basis data. Sehingga secara garis besar, Pengertian query adalah bahasa yang digunakan untuk memanipulasi, mengubah, menambahkan, mengatur sesuatu atau data dalam database.

Query sekarang telah diberikan standarisasi sehingga dapat digunakan secara umum pada hampir semua program yang ada yaitu Structured Query Language (SQL).

Contoh penggunaan bahasa query adalah:

loading...
SELECT ALL WHERE kota=”Makassar” AND umur<20.
Query tersebut meminta semua record dari database yang sedang digunakan (misalkan database konsumen) yang bertempat tinggal di Makassar dan berumur lebih dari 20 tahun (kota dan umur adalah nama field yang telah didefinisikan). Standar bahasa query yang banyak digunakan adalah SQL (structured query language). Metode SQL merupakan metode yang paling fleksibel dibandingkan metode query yang lain akan tetapi metode SQL juga membutuhkan latihan yang lebih banyak untuk menguasainya karena lebih rumit dibandingkan metode yang lain, query dengan parameter yang telah tersedia dan query by example.
Pengertian Query dan SQL
Salah satu contoh Query 
Structured Query Language (SQL)| Bahasa Query Tersruktur adalah kumpulan perintah khusus yang digunakan untuk mengakses data dalam database relasional. Structured Query Language adalah suatu bahasa komputer yang mematuhi standar ANSI (American Nasional Standard Institute) yang digunakan dalam manajemen database relasional. Melalui SQL, anda dapat melakukan fungsi adminisrator pada database seperti menjalankan query untuk mengambil data dalam database, mengakses data (read database), mengimput data dalam database, menghapus data dari database, serta mengubah data yang berada dalam database. Hingga sekarang, hampir semua server database yang ada mendukung SQL untuk melakukan manajemen data.
Hingga saat ini diketahui  ada 3 (tiga) jenis perintah SQL, yaitu DDL, DML dan DCL. 
1. Data Definition Language (DDL)
DDL adalah perintah SQL yang digunakan dalam pendefinisian suatu struktur database, dalam hal ini database dan table. Perintah SQL yang termasuk dalam DDL antara lain : 
CREATE
ALTER
RENAME
DROP
2. Data Manipulation Language (DML)
DML adalah perintah SQL yang digunakan untuk manipulasi atau pengolahan data atau record dalam table. Perintah SQL yang termasuk dalam DML antara lain : 
SELECT
INSERT
UPDATE
DELETE
3. Data Control Language (DCL)
DCL adalah perintah SQL yang digunakan dalam pengaturan hak akses user, baik terhadap server, database, table maupun field. Perintah SQL yang termasuk dalam DCL antara lain : 
GRANT
REVOKE
SQL dikembangkan oleh Donald D. Chamberlin dan Raymond F. Boyce pada pertengahan tahun 1970.
Pengertian Query dan SQL 2
Salah Satu pengembang /Designer SQL Donald . Cahmberlin
Advertisements
Pengertian Query dan SQL | Harian Netral | 4.5