Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

Advertisement


loading...

Motivasi: Apa pengertian Motivasi

Pengertian Motivasi | Sering diartikan sebagai semangat, pengertian motivasi secara sederhana berupa alasan untuk melakukan sesuatu, Pengertian motivasi menurut Victor H. Vroom dalam teori harapan bahwa motivasi adalah akibat dari suatu hasil yang ingin dicapai oleh seseorang dan perkiraan yang bersangkutan bahwa tindakannya akan mengarah kepada hasil yang diinginkan. Pengertian motivasi menurut ahli organisasi seperti Robbins dan Judge dalam buku perilaku organisasi bahwa pengertian motivasi adalah proses yang menjelaskan arah, intensitas dan ketekunan individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam pengertian motivasi Robbins dan Judge adalah arah, intensitas dan ketekunan.

Pengertian motivasi berdasarkan beberapa teori motivasi yang telah ada seperti Abraham Maslow, Douglas McGregor menjelaskan bahwa pengertian motivasi adalah alasan yang mendasari sebuat perbuatan yang dilakukan oleh individu. Oleh karena itu, pengertian motivasi berbeda dengan pengertian semangat. Hal ini jelas bahwa, seseorang yang memiliki motivasi yang tinggi artinya memiliki alasan yang besar untuk mencapai tujuan tersebut sedangkan semangat memiliki arti sempit yang berarti hanya berkeinginan. Alasan dalam pengertian motivasi dimaksudkan sebagai diri dan lingkungan individu sedangkan semangat lebih mengarah ke kondisi individu saja.

loading...
Pengertian motivasi menurut para ahli
Pengertian Motivasi

Berdasarkan buku Manajemen sumber daya karangan Prof. Sondang , ada beberapa teori motivasi yang menjelaskan tentang pengertian motivasi yaitu teori motivasi Abraham Maslow dalam buku Motivation and Personality, teori motivasi Clayton Alderfer atau teori motivasi ERG, teori motivasi herzberg, teori keadilan, teori motivasi dari Victor Vroom yaitu teori harapan, teori penguatan dan modifikasi perilaku dan teori kaitan dan imbalan dengan prestasi.
Dalam teori motivasi diatas, dapat diambil titik temu bahwa selalu ada alasan dalam motivasi seseorang. Dalam teori motivasi Abraham Maslow, bahwa pengertian motivasi berhubungan dengan hirarki kebutuhan manusia mulai dari kebutuhan fisiologikal, keamanan, sosial, prestise, dan aktualisasi diri. Dari teori hirarki kebutuhan inilah berkembang teori baru selanjutnya yang memberikan variasi dari pengertian motivasi itu sendiri. Seperti teori dari Clayton Alderfer yang tetap mempertahankan hirarki kebutuhan, dan menekankan dalam pengertian motivasinya yang lebih pragmatis bahwa alasan manusia memiliki motivasi adalah
tidak terpenuhinya kebutuhan manusia.
Dalam teori motivasi menurut Herzberg pengertian motivasi diterangkan memiliki 5 faktor . Faktor yang dimaksudkan adalah faktor motivasional berupa pekerjaan seseorang, keberhasilan yang diraih, kesempatan tumbuh, kemajuan dalam karier, dan pengakuan orang lain.
Dalam teori keadilan, diterangkan bahwa pengertian motivasi berkaitan dengan ketidakadilannya antara imbalan atau usaha dengan hasil yang diperoleh sehingga individu akan memiliki keinginan untuk mengubahnya.
Dalam teori harapan Victor H. Vroom, pengertian motivasi dikaitkan dengan perkiraan seseorang terhadap kemampuan dirinya bahwa mampu untuk melakukan apa yang menjadi motivasi atau alasannya. Dalam pengertian motivasi menurut teori harapan, seseorang selalu memiliki motivasi yang menurutnya dapat dijangkau oleh dirinya bukan hanya semata mata alasan serta ketidakadilan yang ada.
Sekian ulasan tentang pengertian motivasi menurut para ahli, untuk lebih jelasnya tentang pengertian motivasi dan teori motivasi, silahkan berkunjung ke toko buku, cari buku perilaku organisasi ataupun manajemen sumber daya.

Advertisements
Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli | Harian Netral | 4.5