Pengertian Keanekaragaman Hayati atau Biodiversitas

Advertisement
loading...


Apa itu Keanekaragam hayati? Apa itu Biodiversitas? Pengertian Keanekaragaman Hayati atau biodiversitas adalah jumlah jenis yang dapat ditinjau dari tiga tingkat sebagai berikut:
1. Pada tingkat gen dan kromosom yang merupakan pembawa sifat keturunan
2. Pada tingkat jenis yaitu berbagai golongan makhluk hidup yang mempunyai susunan gen tertentu
3. Pada tingkat ekosistem atau ekologi yaitu tempat jenis itu melangsungkan kehidupannya dan berinteraksi dengan faktor biologi dan non biotik.
Berdasarkan pengertian keanekaragaman hayati (biodiversitas) diatas, dapat dikatakan bahwa keanekaragaman hayati atau biodiversitas akan semakin besar apabila makin besar jumlah jenis atau spesies. Apabila jenis baru ada lebih banyak dari kepunahan yang terjadi, maka keanekaragaman hayati atau biodiversitas bertambah. Hal sebaliknya terjadi apabila kepunahan yang terjadi lebih banyak dari adanya spesies baru yang muncul, sebagai contoh kejadian yaitu bencana alam.
Keanekaragaman hayati merupakan sumber daya alam hayati karena merupakan bagian dari mata rantai tatanan lingkungan atau ekosistem, mampu merangkai satu unsur dengan unsur tatanan lingkungan yang lain, dan dapat menunjang tatanan lingkungan itu sehingga menjadikan lingkungan alam ini suatu lingkungan hidup yang mampu memberikan kebutuhan makhluk hidupnya.
Lingkungan yang hanya memiliki keanekaragaman hayati atau biodiversitas yang rendah akan rentan dengan gangguan keseimbangan ekosistem. Semakin beragam atau biodiversitas yang tinggi akan menjaga ekosistem tersebut tetap lestari.
Oleh karena itu pemerintah giat giatnya melaksanakan konservasi dan aksi lingkungan lainnya untuk menjaga kestabilan dan kelestarian lingkungan manusia. Hal yang paling penting untuk dijaga dalam biodiversitas atau keanekaragaman hayati adalah habitat dari jenis itu sendiri. Hal seperti illegal logging dan sejenisnya harus dihentikan karena akan berdampak sangat buruk untuk keanekaragaman hayati.
Pengertian Keanekaragaman Hayati atau Biodiversitas
Selamatkan Keanekaragaman Hayati | Biodiversitas
Sekian ulasan tentang pengertian keanekaragaman hayati atau biodiversitas, saya harap anda dapat memahami keanekaragaman hayati lebih baik lagi dan menjaga biodiversitas makhluk hidup.
Baca juga pengertian lainnya di http://www.apapengertianahli.com/
Advertisements
Pengertian Keanekaragaman Hayati atau Biodiversitas | Harian Netral | 4.5