Pengertian Jaringan Adiposa

Advertisement


loading...

Jaringan adiposa adalah jaringan yang tersusun atas lipid atau lemak; Jaringan adiposa dapat disebut sebagai suatu penunpukan lemak pada organisme. Jaringan penghubung yang sel sel nya mengandung lemak berbentuk bulatan-bulatan besar. 
Jaringan adiposa dapat anda temukan diseluruh tubuh anda. Hal ini logis karena lemak berfungsi dalam menjaga kestabilan suhu tubuh agar tubuh tidak kedinginan. Terletak dibawah kulit atau disebut sebagai lemak subkutan dan disekitar organ internal disebut lemak visceral. Jaringan adiposa juga dapat ditemukan di antara otot, jaringan payudara dan dalam sumsum tulang anda. Jaringan adiposa paling banyak ditemukan di bagian pantant dan payudara untuk wanita dan untuk lelaki diwilayah pantat. Bagi penderita obesitas, jaringan lemak atau adiposa berada dalam jumlah berlebih.
Pengertian Jaringan Adiposa
Jaringan Adiposa (Lemak)

Pengertian Jaringan Adiposa
Jaringan Adiposa

Jaringan adiposa dikenali mampu menghasilkan berbagai hormon seperti TNF ALPHA, IL-6 dan leptin atau ketiganya disebut sitokin yang berfungsi dalam komunikasi sel. Plasminogen activator inhibitor-1 berfungsi untuk pembekuan darah. Jaringan adiposa juga menghasilkan angiotensin untuk kontrol tekanan darah (blood pressure) serta adiponektin yang membantu sensitivitas insulin. Selain itu, Jaringan adiposa juga mampu menghasilkan aromatase yang berhubungan dengan metabolisme hormon seks serta lipoprotein dan apolipoprotein E yang membantu dalam metabolisme lemak.

Demikian ulasan singkat tentang pengertian jaringan adiposa. Baca pengertian lainnya di apapengertianahli

loading...

Advertisements
Pengertian Jaringan Adiposa | Harian Netral | 4.5