Pengertian Energi: Apa itu Energi

loading...
Advertisement


loading...

Pengertian Energi | Selamat pagi pembaca, pengertian energi secara umum adalah kemampuan sistem fisik untuk melakukan kerja. Pengertian energi menurut Fenyman Lecture, adalah properti dari sebuah objek yang mampu dipindahkan melalui interaksi fundamental, serta dapat berubah bentuk akan tetapi tidak mampu diciptakan ataupun dimusnahkan (dihilangkan). 
Pengertian energi ini diperjelas dari definisi energi sebelumnya yaitu kemampuan untuk melaksanakan kerja. Hal ini dilakukan dikarenakan kerja tidak dapat diukur. Pengertian energi yang terlalu umum tersebut sangat sulit diterapkan pada hukum termodinamika 1 dikarenakan harus terjadi proses reversibel (sangat tidak mungkin terjadi). 
Terdapat beberapa macam bentuk energi, seperti energi panas, energi mekanik, energi potensial, energi listrik dan lainnya. Akan tetapi, secara garis besar ada dua bentuk energi yaitu energi potensial dan energi kinetik (mekanik). Pengertian energi potensial itu sendiri adalah energi yang berhubungan dengan sifat, posisi serta keadaan objek tersebut. Sedangkan pengertian energi mekanik atau kinetik adalah energi yang berhubungan dengan pergerakan (motion) objek tersebut.
Sekian ulasan singkat tentang pengertian energi, baca juga tulisan tentang macam macam energi untuk lebih memahami bentuk dan pengertian energi itu sendiri.
Pengertian energi apa itu energi
Energi panas yang dimiliki oleh matahari
About these ads
Pengertian Energi: Apa itu Energi | Harian Netral | 4.5