Pengertian Ekstrapolasi: Apa itu Ekstrapolasi

loading...
Advertisement


loading...

Pengertian Ekstrapolasi | Ekstrapolasi adalah suatu teknik peramalan dengan memproyeksikan kecenderungan-kecenderungan masa lalu ke masa depan. Dengan kata lain pengertian ekstrapolasi berhubungan dengan tingkat dan jenis perubahan yang terjadi di masa lalu digunakan sebagai bahan untuk meramalkan perubahan perubahan yang diperkirakan akan terjadi di masa yang akan datang. 
Ekstrapolasi merupakan teknik peramalan sebagai instrumen perencanaan yang digunakan untuk minimalisasi ketidaktepatan perencanaan.
Teknik Ekstrapolasi menggunakan premis bahwa masa sekarang merupakan produk dari masa lampau dan masa yang akan datang tidak bisa dilepaskan keterkaitannya dengan masa sekarang. Adapun manfaat dari ekstrapolasi adalah sebagai instrumen peramalan berangkat dari pemikiran bahwa kehidupan suatu organisasi merupakan suatu kontinum atau yang berkesinambungan.
Contoh: Apabila kenyataan menunjukkan bahwa suatu organisasi atau lembaga mempekerjakan sejumlah tenaga baru tertentu setiap bulan selama dua tahun yang baru saja dilewati, ekstrapolasi memiliki pengertian bahwa untuk kurun waktu yang sama di masa depan akan diperlukan sejumlah pekerja baru untuk kurun waku yang sama di masa depan.
Akan tetapi, perlu ditekankan bahwa prinsip citerus paribus harus berlaku untuk menghasilkan ekstrapolasi yang memiliki validitas yang tinggi. Oleh karena itu, teknik ekstrapolasi digunakan saat kondisi citerus paribus jarang ditemukan jarang ditemukan dalam dunia kenyataan.
Demikianlah ulasan tentang pengertian ekstrapolasi:apa itu ekstrapolasi, untuk pengertian lainnya baca di http://www.apapengertianahli.com/
Advertisements
Pengertian Ekstrapolasi: Apa itu Ekstrapolasi | Harian Netral | 4.5