Ekosistem: Apa Pengertian Ekosistem

loading...
Advertisement


loading...

Ekosistem, Apa itu Ekosistem?
Pengertian Ekosistem secara sederhana adalah kesatuan dari komunitas dan lingkungan abiotis membentuk sistem ekologi. 
Pengertian ekosistem secara umum adalah suatu lingkungan yang melibatkan unsur unsur biotik atau makhluk hidup dan faktor faktor fisik seperti kimia, air dan tanah serta kimia seperti keasaman, dan salinitas yang saling berinteraksi satu dengan lainnya. Gatra yang dapat digunakan sebagai ciri keseutuhan (entitas) ekosistem adalah energetika (taraf trofi atau makanan seperti produsen, konsumen dan dekomposer), pendauran hara, dan produktivitas ekosistem.

Pengertian ekosistem berdasarkan Undang Undang Lingkungan Hidup tahun 1982, bahwa ekosistem adalah kesatuan secara utuh menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. Lalu apa itu lingkungan hidup? Pengertian lingkungan hidup menurut Undang Undang Lingkungan Hidup tahun 1982 adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk didalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
Pengertian Ekosistem menurut Undang Undang Lingkungan Hidup yang baru yaitu UULH Nomor 32 Tahun 2009 bahwa ekosistem adalah tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh-menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.
Berdasarkan pengertian diatas, ekosistem adalah tingkat organisasi yang lebih tinggi dari komunitas atau merupakan kesatuan dari suatu komunitas dengan lingkungannya dimana terjadi antar hubungan. Dalam ekosistem tidak hanya ada spesies tumbuhan dan hewan saja, akan tetapi segala bentuk interaksi antar berbagai macam bentuk materi yang mengadakan siklus dalam ekosistem serta energi yang menjadi kekuatannya. 
Hal yang perlu dipahami dalam pengertian ekosistem dan apa itu ekosistem adalah adanya niche atau relung ekologi yang khas untuk setiap spesies dalam ekosistem atau ekosistem tertentu. Setiap spesies juga hidup di tempat dengan faktor faktor lingkungan yang khas yaitu di suatu habitat tertentu. Dan terakhir, perlu dipahami bahwa pengertian ekosistem tidak mengikutkan dimensi ruang dan waktu dikarenakan seperti halnya komunitas, ekosistem tidak memiliki batas ruang dan waktu
Ekosistem: Apa Pengertian Ekosistem
Ilustrasi Ekosistem dan Komunitas untuk dapat memahami secara penggambaran tentang pengertian ekosistem
Sekian ulasan tentang Ekosistem: Apa pengertian Ekosistem, untuk lebih detail dan jelasnya silahkan baca di Pengertian Ekosistem menurut Para Ahli dan Ekosistem: Apa itu Ekosistem
About these ads
Ekosistem: Apa Pengertian Ekosistem | Harian Netral | 4.5