Pengertian propaganda Menurut Para Ahli

Advertisement
loading...


Pengertian Propaganda | Propaganda adalah salah satu aktivitas komunikasi (baca pengertian komunikasi) yang telah ada sejak dulu, dan sangat sering digunakan dalam dunia politik (baca pengertian politik). Pengertian propanda telah berkembang sejak awal pertama kali kata itu diungkapkan oleh pemimpin umat kristiani Paus Urban VIII.
Pengertian Propaganda | Propagare adalah bahasa latin untuk kata propaganda ini, yang mempunyai arti cara tukang kebun untuk menyemaikan tunas tanaman ke dalam tanah/lahan untuk memproduksi tanaman baru yang nantinya akan tumbuh sendiri. Dari kata propagare inilah yang kemudian digunakan oleh Gereja Katolik Roma yang diadopsi secara sosiologis yang berarti penyebaran ide-ide atau doktrin agama Kristen ke dalam masyarakat secara terstruktur dan terencana.
(Apa pengertian ahli) Definisi proganda menurut Kamus Oxford, adalah suatu himpunan atau program untuk menyebarkan suatu dokrin. Selanjutnya, perkembangan terhadap kondisi masyarakat (baca pengertian masyarakat) membuat pengertian propaganda lebih berkembang lagi bahkan pengertian propanda menjadi hal yang lain dari definisi awalnya.
Pengertian propaganda menurut para ahli
Media merupakan alat propaganda

Sekarang kata propaganda memiliki arti yang jelek. Definisi propaganda berkembang ke arah yang bersifat pembohongan dan ataupun manipulasi. Hal ini dapat kita terima karena propaganda yang terjadi selama perang Dunia I dan seterusnya, terlalu banyak propaganda yang dilakukan oleh Negara-negara (baca pengertian negara). Propaganda yang dilakukan berupa kebohongan, dalih politik (baca pengertian politik) dan kisah kekejaman yang digunakan untuk mencapai tujuan perang. Hal ini tidak sejalan dengan definisi propaganda yang hanya menanam kan ide bukan kebohongan yang kemudian menyebar ke seluruh negeri sasaran propaganda.

Berikut beberapa pengertian dan definisi propaganda dari para ahli:
1. Leonard Doob
Pengertian propanda menurut Leonard Doob bahwa propaganda adalah usaha untuk mempengaruhi dan mengendalikan kepribadian serta perilaku orang lain ke arah tujuan-tujuan yang tidak ilmiah dan masih diragukan kebenarannya dalam masyarakat tertentu.
2. Ferdinan Tonnies
Definisi propaganda menurut Ferdinand Tonnies bahwa propanda adalah suatu kegiatan untuk menggerakkan (mobilisize) pendapat secara umum (mass opinion) secara besar-besaran yang bertujuan menyebarkan suatu ide tanpa memperdulikan kecocokan dan kebenarannya
3. Prof. Mar’at
Pengertian propaganda menurut Prof. Mar’at bahwa propaganda adalah suatu teknik, suatu cara atau suatu usaha yang sistematis, serta sungguh dipikirkan secara mendalam di mana teknik, cara atau usaha ini dilakukan baik oleh seseorang maupun oleh kelompok orang untuk mempengaruhi pendapat atau sikap orang lain atau kelompok.
Berdasarkan ketiga definisi  propaganda menurut para ahli diatas dan ditambah oleh pengertian propaganda oleh Paus Urban VIII dapat diambil suatu kesimpulan awal bahwa propanda adalah kegiatan yang dilakukan secara persuasif, bukan dengan koersif.
Demikianlah ulasan tentang pengertian propaganda menurut beberapa ahli, baca pengertian lainnya di apapengertianahli

Referensi:
Riswandi, 2009. Komunikasi Politik. Graha Ilmu. Yogyakarta

Advertisements
Pengertian propaganda Menurut Para Ahli | Harian Netral | 4.5