Pengertian Periklanan Politik

loading...
Advertisement


loading...

(Apa pengertian Ahli) Periklanan massa adalah komunikasi dari satu pihak kepada orang yang banyak. Yang menjadi sasaran periklanan politik adalah individu tunggal (dalam arti bukan sebagai anggota kelompok) dan independen.
(Apa pengertian ahli) Periklanan politik adalah periklanan citra atau jati diri, daya tarik atau diarahkan untuk membangun reputasi seseorang pejabat publik atau pencari jabatan, mengimformasikan pada banyak orang mengenai kualifikasi seorang politisi, latar belakang, pengalamannya, kepribadiannya, sehingga merupakan dorongan bagi prospek pemilihan calon/kandidat yang bersangkutan dalam proses politik.

Pengertian periklanan politik
Pengertian Periklanan Politik
(Apa pengertian ahli) Tujuan periklanan politik adalah bukan untuk mengidentifikasikan seseorang dengan kelompok, melainkan untuk menarik perhatian seseorang menjauh dari kelompok dan menjadikan orang bertindak dan memilih sendiri berbeda dari orang lain.
Dalam periklanan politik dikenal adanya media periklanan berikut ulasan tentang media periklanan politik.
Media Periklanan Politik
Berbagai bentuk media, mulai dari cetak, elektronik, hingga media luar ruang, memungkinkan untuk iklan politik termasuk iklan partai politik.
Hal yang diperlukan dalam periklanan politik adalah bagaimana memanfaatkan kekuatan masing-masing media dan wilayah jangkauan yang dimiliki media periklanan, yang diselaraskan dengan objek masing masing periklanan partai politik.
Dengan demikian, pemanfaatan media yang efektif dan cepat menyampaikan pesan itulah yang akan menaikkan elektabilitas atau tingkat pemilihan dalam politik yang ada. 
Secara umum, terdapat 4 media periklanan politik yang sering digunakan oleh partai politik dalam mengorbitkan kader mereka dan partainya yaitu:
  • Media periklanan Radio yang mampu menjangkau seluruh pelosok daerah
  • Media periklanan Surat kabar yang mampu membaca masyarakat yang suka membaca (kalangan menengah dan menengah keatas).
  • Media periklanan Televisi: Contoh pidato singkat yang dilakukan oleh Capres Prabowo diberbagai iklan yang ada
  • Media periklanan Poster yang telah sering digunakan oleh semua kalangan bukan hanya sebagai periklanan politik bahkan informasi biasa.

Referensi:
Riswandi, 2009. Komunikasi Politik. Graha Ilmu. Yogyakarta

About these ads
Pengertian Periklanan Politik | Harian Netral | 4.5