Pengertian Opini: Apa itu Opini

loading...
Advertisement


loading...

(Apa pengertian Opini) Menurut Dan Nimmo, Pengertian opini  adalah suatu respons aktif terhadap suatu stimulus, suatu respons yang dikonstruksikan melalui interpretasi pribadi yang berkembang dari dan menyumbang pada imej.
(Pengertian opini) Setiap opini mencerminkan suatu organisasi yang kompleks dari tiga komponen yaitu pengharapan (ekspektasi), keyakinan,dan nilai-nilai.
Ketiga komponen tersebut sebenarnya saling terkait dan tumpang tindih akan tetapi untuk dapat mencerna opini pribadi sebagai building block dari opini publik, perlu untuk memperhatikan setiap komponen yang ada untuk dapat mengerti semua hubungan antara satu dengan yang lainnya.
Antara opini, sikap/attitude dan kepercayaan saling berkaitan satu dan yang lain. Pegangan seseorang dalam menjani kehidupan merupakan kepercayaan seseorang, yang kelak dan kemudian akan menjadi dasar dari opini dan setelah itu akan membentuk attitude seseorang. Attitude atau sikap dan opini seseorang akan berkembang sesuai dengan kepercayaan orang tersebut.
Pengertian opini apa itu opini
Penyampaian Opini berupa orasi 

Pengertian Opini yang lain  adalah sebagai ekspresi dari sikap (attitude). Attitude dapat didefinisikan sebagai predisposisi seseorang dalam menilai sesuatu lambang, objek , ataupun dunia untuk disukai atau tidak disukai. Penelitian ini mengatakan bahwa opini lebih mudah untuk berganti atau berubah dibanding dengan attitude yang lebih stabil.
Opini memiliki bentuk, ciri khas, atau karakteristik. Berikut karakteristik dari opini:
1. Mempunyai arah
2. Memiliki isi informasi/content
3. Memiliki Intensitas
Tiap opini seseorang mengenai suatu hal ada arahnya, dalam arti akan selalu mengikut dengan sumber atau latar belakang seseorang tersebut. Contoh, opini pendukung Prabowo ataupun Jokowi akan selalu saling serang karena opini pendukung Prabowo akan selalu mendukung prabowo begitupun dengan pasangan lainnya.
Sekian ulasan tentang pengertian opini, saya harap anda juga membaca pengertian lain di apapengertianahli
Sumber/ Referensi
Riswandi, 2009. Komunikasi Politik. Graha Ilmu. Yogyakarta
About these ads
Pengertian Opini: Apa itu Opini | Harian Netral | 4.5