Pengertian Komputer Sejarah dan Manfaat Komputer

loading...
Advertisement


loading...

Pengertian Komputer | Komputer merupakan benda yang sekarang ini dapat anda jumpai di berbagai tempat khususnya diperkotaan. Hal ini dikarenakan fungsi atau manfaat komputer itu sendiri. Sebelum membahas terlalu jauh tentang komputer, mari baca pengertian komputer menurut para ahli serta sejarah dan manfaat komputer dibawah ini. 

Pengertian Komputer Sejarah dan Manfaat Komputer 

A. Pengertian Komputer 
(Apa pengertian Ahli) Komputer dalam bahasa Yunani berarti computare yaitu menghitung sehingga pengertian komputer secara bahasa adalah sebuah alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika. Pengertian komputer secara bendawinya adalah sebuah alat eletronik yang mampu untuk melaksanakan pengolahan berbagai macam informasi seperti teks, suara ataupun gambar yang menghasilkan output yang kita mau. 
Pengertian lain dari komputer adalah mesin berhitung eletronik yang dapat diprogram. Secara umum pengertian komputer secara umum adalah peralatan eletronika yang menerima masukan data, mengolah data dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi baik berupa gambar, teks, suara maupun video. 
Pengertian Komputer menurut DINUS adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu sistem kerja yang rapi dan teliti yang kemudian dapat dipergunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan otomatis, berdasarkan urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepada komputer Pengertian yang ada memberi arti bahwa komputer mempunyai 2 atau lebih yang saling bekerja sama dan bagian bagian tersebut hanya mampu bekerja apabila terdapat aliran listrik yang mengalir pada komputer. 
Pengertian Komputer berdasarkan Wikipedia adalah alat yang digunakan dalam mengolah data berdasarkan prosedur yang sudah dirumuskan. 
Pengertian Komputer Menurut Robert H. Blissmer : Komputer adalah suatu alat elektronik yang mempunyai kemampuan melakukan berbagai tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi. 
Pengertian komputer menurut Sanderes adalah sistem eletronik yang memiliki kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan benar serta didesain dan diatur agar secara otomatis menerima dan menyimpan data yang dimasukkan (input), memproses serta menghasilkan keluar (output) dibawah pengawasan sistem operasi yang bertugas mengawasi langkah langkah instruksi program. Output tersebut selanjutnya disimpan dalam media penyimpanan. 
Pengertian komputer menurut Wiliam dan Sawyer : Komputer ialah mesin multiguna yang dapat diprogram, menerima masukan data dan melakukan proses ataupun memanipulasi ke dalam bentuk informasi sehingga dapat kita gunakan.
Pengertian komputer menurut Elias M. Awad bahwa komputer adalah sebuah alat hitung yang dapat memproses data sehingga dapat diperlihatkan dalam bentuk data digital dan data analog. 
Pengertian Komputer menurut Wiliam M.Fuori adalah suatu alat yang melakukan proses terhadap data yang dapat secara cepat melakukan perhitungan besar, termasuk perhitungan aritmetika, operasi logika tanpa adanya campur tangan manusia. 
Berkembangnya komputer memunculkan beberapa istilah seperti perangkat keras komputer atau hardware, perangkat lunak komputer (program/software) serta pengguna komputer atau brainware.

Sejarah Komputer

Pengertian Komputer Sejarah dan Manfaat Komputer(Apa Pengertian Ahli) Setelah beberapa pengertian komputer menurut para ahli dipaparkan diatas, marilah kita simak tentang sejarah perkembangan komputer yang terbagi menjadi 5 generasi yaitu:
Generasi pertama dalam perkembangannya dimulai pada masa masa perang dunia kedua tahun 1941. Saat itu Insinyur Jerman, Kondrad Zuse membuat komputer yang bernama Z3 yang digunakan dalam mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Kemudian Inggris mengembangkan komputer yang bermanfaat sebagai pemecah kode rahasia Jerman yang dinamakan Colossus pada tahun 1943.
Pengertian Komputer Sejarah dan Manfaat Komputer
Komputer Colossus
Pengertian Komputer Sejarah dan Manfaat Komputer
Komputer Harvar IBM Mark 1

(Apa pengertian Ahli) Di Amerika, Howard H.Aiken membuat sebuah kalkulator eletronik untuk US Navy yang merupakan komputer terbesar yang memiliki panjang kabel 500 mil dan berukuran setengah lapangan sepak bola. Komputer ini diberi nama Mark 1 atau The Harvard IBM Automatic Sequence Controlled Calculator yang merupakan komputer relai elektronik. Komputer ini masih tergolong sangat lamban dan tidak fleksibel. Kemudian muncul ENIAC yang merupakan komputer hasil kerja sama antara Pemerintah Amerika Serikat dan Universitas Pennsylvania. Komputer ini cukup rumit karena memiliki 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor, dan 5 juta titik solder. Ini merupakan komputer dalam sejarah komputer yang memiliki mesin sangat besar sehingga membutuhkan daya sebesar 160 kW untuk menghidupkannya. Komputer ENIAC ini dirancang oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly yang memiliki kecepatan kerja 1000 kali lebih cepat dari Mark 1.

Pengertian Komputer Sejarah dan Manfaat Komputer
Komputer ENIAC

Intinya, sejarah komputer pada generasi pertama dibuat untuk melaksanakan tugas tugas tertentu. Ciri komputer generasi pertama adalah belum seragamnya bahasa mesin yang digunakan serta penggunaan tabung vakum yang berukuran sangat besar serta penggunaan silinder magnetik sebagai penyimpanan data.







Pengertian Komputer Sejarah dan Manfaat Komputer
Komputer IBM 1401
(Apa Pengertian Ahli) Sejarah komputer lanjut pada generasi kedua. Perkembangan komputer kepada generasi kedua dipengaruhi oleh perkembangan transistor yang berukuran kecil. Transistor mulai digunakan pada komputer pada tahun 1956. Penemuan lain berupa memori inti magnetik yang menjadikan komputer lebih kecil, cepat, dapat diandalkan serta lebih hemat energi dibanding komputer pada generasi pertama. Komputer pada generasi kedua juga telah menggunakan bahasa assembly yaitu bahasa yang menggunakan singkatan singkatan untuk menggantikan kode biner.
Komputer pada generasi ini juga memiliki komponen komponen tambahan seperti printer, disket, memori, sistem operasi dan program. Salah satu komputer pada generasi kedua ini adalah IBM 1401. 
(Apa pengertian Ahli) Penggunaan komputer pada tahun 1965 ini didominasi dalam proses informasi keuangan.
Sejarah komputer kemudian berkembang pada generasi ketiga (1958) setelah ditemukannya Integrated Circuit (IC / sirkuit terintegrasi) oleh Jack Kilby. IC yang ditemukan oleh insinyur yang berasal dari Texas Instrument ini mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Kemudian para ilmuwan berhasil membuat sebuah chip yang merupakan gabungan dari IC. Hal ini membuat komputer generasi ketiga menjadi lebih kecil, lebih hemat energi dan lebih cepat. Penggunaan sistem operasi membuat komputer lebih mampu menjalankan berbagai program berbeda secara bersamaan.
Pengertian Komputer Sejarah dan Manfaat Komputer
Chip Intel 4004
Iklan oleh google

Sejarah komputer ternyata tidak selesai pada generasi ketiga. Komputer berkembang ke generasi keempat dengan dikembangkannya LSI (Large Scale Integration) pada tahun 1980, VLSI (Very Large Scale Integration dan ULSI (Ultra-Large Scale Intergration) dimana chip tunggal yang terbuat dari berbagai jumlah komponen komponen. Hal ini bertujuan untuk membuat komputer lebih kecil, lebih murah, lebih efisien, lebih hemat daya dan menjadikan komputer lebih handal.

CPU pada komputer muncul pada generasi keempat ini yaitu Chip Intel 4004 pada tahun 1971.
Chip pada komputer  kemudian digantikan oleh mikroprosesor yang mempunyai kemampuan untuk diprogram sesuai dengan kebutuhan dalam penggunaan komputer. Personal Computer atau Komputer Pribadi diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1981. perusahaan komputer yang bersaing diera generasi keempat ini adalah IBM dan Apple Macintosh. Berbagai prosesor dan jenis komputer seperti Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, AMD k6, Athlon merupakan golongan komputer generasi keempat dsb.
Perkembangan komputer pada generasi keempat terus berkembang hingga muncul berbagai bentuk komputer seperti dekstop, notebook, laptop, palmtop dan lainnya. 
Sejarah komputer berhenti pada generasi kelima. Perkembangan komputer pada generasi ini dipusatkan pada pengembangan kecerdasan buatan atau komputer yang dapat berpikir sendiri dan mampu berinteraksi serta berkomunikasi dengan manusia serta mempunyai pemahaman terhadap keadaan lingkungan sekitar berdasarkan pengalaman. Komputer pada generasi ini masih dalam tahap pengembangan.
Manfaat Komputer
(Apa Pengertian Ahli) Komputer memiliki manfaat yang sangat besar sehingga untuk mempermudah menjelaskan tentang manfaat komputer adalah dengan membagi berdasarkan jenis jenis komputer yaitu:
1. Komputer Server 
Komputer server memiliki manfaat sebagai pengontrol aliran data yang masuk dan keluar dari berbagai komputer dalam jaringan yang ada. Sehingga komputer jenis ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam sistem jaringan. Komputer jenis ini harus mampu aktif dalam waktu yang lama serta memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dari komputer lain yang berada dalam jaringan tersebut.
2. Komputer Personal (PC)
Ini merupakan jenis komputer yang memiliki segudang lebih manfaat. Tergantung dari penggunanya, komputer jenis ini memiliki kemampuan yang memang jauh lebih rendah dari komputer server akan tetapi fungsi dan manfaat dari komputer ini juga tergantung dari kemampuan pengguna atau brainware.
Advertisements
Pengertian Komputer Sejarah dan Manfaat Komputer | Harian Netral | 4.5