Pengertian Kepribadian: Apa itu Kepribadian serta Faktor Pengaruhnya

Advertisement


loading...

Kali ini akan dijelaskan tentang berbagai pengertian kepribadian menurut para ahli, apa itu kepribadian, serta faktor faktor pembentuk kepribadian. Baca yah tulisan berjudul pengertian kepribadian: Apa itu kepribadian serta faktor pengaruh kepribadian
Menurut Horton (1982:12), Pengertian kepribadian adalah keseluruhan sikap, perasaan, ekspresi, dan temperamen seseorang. Sikap, perasaan, ekspresi, dan temperamen itu akan terwujud dalam tindakan
seseorang jika dihadapkan pada situasi tertentu. Setiap orang mempunyai kecenderungan berperilaku yang baku, atau berpola dan konsisten, sehingga menjadi ciri khas pribadinya.
Schaefer & Lamm (1998:97) mendefinisikan kepribadian sebagai keseluruhan ciri-ciri unik, perilaku, pola sikap, dan kebutuhan seseorang.
Pengertian  pola adalah sesuatu yang sudah menjadi standar atau baku, sehingga kalau dikatakan pola sikap, maka sikap tersebut telah baku, berlaku terus-menerus secara konsisten dalam menghadapi situasi yang dihadapi. perilaku yang sudah baku, yang cenderung ditampilkan seseorang jika ia dihadapkan pada situasi kehidupan tertentu juga merupakan pengertian dari pola perilaku. Individu manusia yang pada dasarnya memiliki kepribadian pemalu cenderung menghindarkan diri dari kontak mata dengan lawan bicaranya.
Pengertian kepribadian menurut Sujanto, menyatakan bahwa kepribadian merupakan suatu totalitas psikofisis yang rumit dari individu, sehingga nampak dalam tingkah lakunya yang unik.
Menurut Kartini dan Dali (2006), pengertian kepribadian adalah tingkah laku khas dan sifat seseorang seseorang yang membuatnya berbeda dengan orang lain. Kemudian, kepribadian dapat juga berarti integrasi karakteristik dari pola, minat, tingkah laku, potensi, minat, pendirian, kemampuan dan struktur-struktur yang dimiliki seseorang; Definisi kepribadian secara umum menurut Kartini adalah segala sesuatu mengenai diri seseorang sebagaimana diketahui oleh orang lain.
Pengertian kepribadian apa itu kepribadian
Kepribadian Raja Uni Emirat Arab

Allport juga mendefinisikan kepribadian sebagai susunan sistem-sistem psikofisik yang dinamis dalam diri individu, yang menentukan penyesuaian yang unik terhadap lingkungan. Sistem psikofisik yang dimaksud Allport meliputi sikap, keyakinan, keadaan emosional, keyakinan dan nilai. Selain itu termasuk juga perasaan dan motif yang bersifat psikologi akan tetapi memiliki dasar fisik dalam kelenjar, saraf, dan keadaan fisik anak secara umum.
Pengertian kepribadian menurut Koetjaraningrat, bahwa  kepribadian adalah beberapa ciri watak yang diperlihatkan seseorang secara lahir, konsisten, dan konsekuen dalam bertingkah laku, sehingga individu memiliki identitas khusus yang berbeda dengan orang lain. 
Definisi kepribadian menurut Cuber  bahwa kepribadian adalah gabungan keseluruhan dari sifat-sifat yang tampak dan terlihat oleh seseorang.
Menurut Browen, pengertian kepribadian adalah corak tingkah laku sosial yang meliputi opini, sikap, corak kekuatan, keinginan, dan dorongan seseorang.
Menurut Theodore, definisi kepribadian adalah organisasi sikap-sikap/ prespositons yang  seseorang miliki  sebagai latar belakang terhadap perilaku.
Pastilah terdapat penyebab dari munculnya kepribadian seseorang. mari simak faktor faktor yang mempengaruhi kepribadian dibawah ini.


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepribadian
Kepribadian seseorang berkembang melalui interaksi di antara banyak faktor, yaitu lingkungan fisik, kebudayaan, kehidupan kelompok dan pengalaman unik seseorang.

Lingkungan Fisik

loading...
Dibandingkan dengan faktor kepribadian lainnya, lingkungan fisik merupakan faktor yang mempengaruhi lebih sedikit dari lainnya. Terjadinya kepribadian khusus seseorang tidak didorong oleh lingkungan fisik. Kebudayaan lah yang nantinya akan mengubah kepribadian atau mempengaruhi kepribadian seseorang dikarenakan faktor lingkungan alam hanya akan membatasi perkembangan kebudayaan saja. Saat kebudayaan telah terbatasi, maka selanjutnya kebudayaan yang akan mempengaruhi kepribadian individu bahkan kelompok dalam masyarakat (baca pengertian masyarakat ).

Kebudayaan

Kepribadian merupakan hal yang unik untuk tiap masyarakat dan individu masyarakat. Kepribadian yang ada dalam satu masyarakat tidak akan mungkin betul betul sama dengan kepribadian masyarakat yang lainnya. Macam macam kepribadian dasar yang terbentuk dan berkembang akan selalu sesuai dengan kebudayaan masyarakat tersebut. Aspek kebudayaan yang  berpengaruh pada perkembangan kepribadian adalah norma kebudayaan.

a. Contoh pengaruh kebudayaan terhadap kepribadian

Kebudayaan suku Zuni mengutamakan kerja sama, menghindari persaingan, sikap agresif, ambisi, dan harmoni. Kekayaan milik di nilai berdasarkan bukan dinilai sebagai simbol penghargaan ataupun kekuasaan melainkan karena manfaatnya. Kontrol sosial terjalin melalui pandangan orang lain dalam masyarakat tersebut. Hal ini lah sehingga warga Zuni mempunyai kepribadian yang percaya diri dan mempercayai orang lain. Bahkan warga Zuni adalah juga mempunyai kepribadian yang tenang dan merasa aman. Warga Zuni juga memiliki kepribadian yang kooperatif, murah hati, sopan.

Warisan biologis:

Manusia menerima seluruh  warisan biologi dari orangtua kandungnya. Setiap manusia sehat jasmani dan normal memiliki kesamaan biologis tertentu, seperti tubuh dengan dua tangan, dua kaki, lima indera, dan otak yang kompleks. Persamaan biologis ini menjelaskan kemiripan kepribadian dan tingkah laku antar manusia. Namun, warisan biologis  setiap manusia  juga ada yang unik. Tidak ada satu orang pun yang memiliki sifat warisan biologis yang benar-benar sama dengan orang lain.
Warisan biologi yang telah diperoleh dari orangtua, sejak lahir, akan menjadi bahan awal untuk pembentukan kepribadian seseorang. Menurut para ahli dibidang genetika, bahwa sifat mungkin saja terdapat dalam gen seseorang walaupun hal ini masih belum cukup. Pengaruh yang paling penting untuk kepribadian adalah lingkungan. Akan tetapi, dengan adanya faktor biologis, pembentukan kepribadian tertentu akan semakin mudah dengan lingkungan yang pas.

Pengalaman individu

(Apa pengertian ahli) Kebudayaan yang ada dalam suatu masyarakat akan menjadi penentu pengalaman individu seseorang yang kemudian akan membentuk kepribadian mereka. Contohnya, kepribadian orang barat akan berbeda dengan orang timur. Untuk lebih spesifiknya, kepribadian orang jawa akan berbeda dengan kepribadian orang makassar. Contoh yang lebih mengarah ke pengalaman individu adalah, kepribadian seorang mahasiswa akan berbeda dengan kepribadian seorang siswa SMA. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan pengalaman individu yang berbeda.

Pengalaman bersama

(Apa pengertian ahli) Kepribadian yang terbentuk karena pengalaman bersama merupakan akumulasi dari pengalaman individu dan pengalaman hidup bersama masyarakat. Hal  ini tentu saja masih dipengaruhi oleh kebudayaan yang ada dalam batas yang ada.

Pengalaman Hidup dalam Kelompok
(Apa pengertian ahli) Kelompok sebagai sarana langsung dalam menyalurkan kebudayaan kepada individu anggota, akan membentuk kepribadian anggota tersebut. Tanpa pengalaman berkelompok, kepribadian normal atau seperti biasanya akan sulit untuk berkembang. Salah satu kelompok yang utama atau kelompok acuan yang membentuk kepribadian utama seseorang adalah keluarga, kemudian ke kelompok teman sebaya dan seterusnya.

Pengalaman Unik atau Khas

Kepribadian seseorang, khususnya kepribadian yang khas pula akan terbentuk melalui pengalaman unik atau khas. Pengalaman tersebut dapat berupa indah, humor, ataupun tragis.

Sekian ulasan tentang pengertian kepribadian serta faktor yang mempengaruhi kepribadian seseorang
baca juga pengertian lain dibawah ini

Advertisements
Pengertian Kepribadian: Apa itu Kepribadian serta Faktor Pengaruhnya | Harian Netral | 4.5