Pengertian Database Menurut Para Ahli

Advertisement


loading...

Pengertian database

(Apa pengertian Ahli) Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur, dan juga batasan batasan data yang akan disimpan. Database merupakan aspek yang penting dalam sistem informasi dimana database merupakan gudang penyimpanan data yang akan diproses lebih lanjut. Database menjadi penting karena dapat digunakan untuk menghindari duplikasi data, hubungan antar data yang tidak jelas, organisasi data, dan juga untuk memperbaharui yang kompleks.
Sistem manajamen basis data diperlukan dalam proses mengimput atau memasukkan data dan mengambil data ke dan dari media storage data.
DBMS atau database management sistem perangkat lunak yang memungkinkan user untuk memelihara, mengontrol, dan mengakses data secara praktis dan efisien.
Dengan kata lain, semua akses ke database akan ditangani oleh DBMS. Ada beberapa fungsi yang harus ditangani DBMS yaitu mengolah pendefinisian data, dapat menangani permintaan pemakai untuk mengakses data, memeriksa sekuriti dan integriti data yang didefinisikan oleh DBA (Dabatase Administrator), menangani kegagalan dalam pengaksesan data yang disebabkan oleh kerusakan sistem maupun disk, dan menangani unjuk kerja seluruh fungsi secara efisien.
Sekian ulasan singkat tentang pengertian database, wassalam
Baca juga ulasan tentang pengertian lainnya dibawah ini
Advertisements
Pengertian Database Menurut Para Ahli | Harian Netral | 4.5