Pengertian Data Mining: Apa itu Data Mining

Advertisement


loading...

Ulasan tentang pengertian data mining menurut para ahli, lalu akan dijelaskan tentang istilah-istilah dalam data mining dan pengertiannya. Selanjutnya tentang langkah langkah dalam data mining.

Pengertian Data Mining menurut Para Ahli

Pengertian data mining berdasarkan (JK06) adalah proses mengekstraksi pola-pola yang menarik (tidak remeh-temeh, implisit, belum diketahui sebelumnya, dan berpotensi untuk bermanfaat) dari data yang berukuran besar. Definisi data mining dari Adelman. pengertian data mining adalah proses pencarian pola data yang tidak diketahui atau tidak diperkirakan sebelumnya.
Pengertian data mining menurut Gartner Group, data mining sebagai suatu proses menemukan hubungan yang berarti, pola, dan kecenderungan dengan memeriksa dalam sekumpulan besar data yg tersimpan dalam penyimpanan dengan menggunakan teknik pengenalan pola seperti teknik statisik dan matematika.
Pengertian data mining: apa itu data mining
Pengertian Data Minng
Pramudiono (2006) mengemukakan bahwa pengertian data mining adalah adalah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara manual.
Lalu Larose berpendapat bahwa data mining adalah bidang yang digabung dari beberapa bidang keilmuan yang menyatukan teknik dari pembelajaran mesin, pengenalan pola, statistik, database, dan visualisasi untuk pengenalan permasalahan pengambilan informasi dari database yang besar.
Pengertian data mining menurut Jiawei bahwa  data mining merupakan pemilihan atau “menambang” pengetahuan dari jumlah data yang banyak.
Definisi data mining menurut Berry bahwa data mining adalah aktivitas mengeksplorasi dan menganalisis data jumlah yang besar untuk menemukan pattern (pola) dan rule (aturan) yang berarti.
Hoffer dan McFadden mengemukakan bahwa pengertian  data mining adalah penemuan pengetahuan dengan menggunakan teknik-teknik yang tergabung dari statistik, tradisional, kecerdasan dan grafik komputer.
Pengertian data mining menurut Turban,dkk.(2005) data mining adalah proses yang menggunakan teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan, dan mesin learning untuk mengekstraksi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait berbagai database besar (baca pengertian database).
Istilah Istilah khusus dalam Data Mining
  • Data cleaning (untuk menghilangkan noise data yang tidak konsisten) 
  • Data integration (di mana sumber data yang terpecah dapat disatukan) 
  • Data selection (di mana data yang relevan dengan tugas analisis dikembalikan ke dalam database) 
  • Data transformation (di mana data berubah atau bersatu menjadi bentuk yang tepat untuk menambang dengan ringkasan performa atau operasi agresi) 
  • Data mining (proses esensial di mana metode yang intelejen digunakan untuk mengekstrak pola data) – Pattern evolution (untuk mengidentifikasi pola yang benar-benar menarik yang mewakili pengetahuan berdasarkan atas beberapa tindakan yang menarik) 
  • Knowledge presentation (di mana gambaran teknik visualisasi dan pengetahuan digunakan untuk memberikan pengetahuan yang telah ditambang kpada user).

Rancangan bangun dari data mining yang khas memiliki beberapa komponen utama yaitu : – Database, data warehouse, atau tempat penyimpanan informasi lainnya. – Server database atau data warehouse. – Knowledge base – Data mining engine. – Pattern evolution module. – Graphical user interface.
Langkah langkah dalam data mining
a. Pembersihan data. Biasanya terdapat data yang kurang bagus untuk dimasukkan dalam kelengkapan data perusahaan karena hanya akan dianggap tidak valid bahkan untuk data yang hilang. Sehingga data yang seperti itu lebih baik dibuang.
b. Integrasi data
c. Transformasi data : Beberapa teknik data mining memerlukan format data yang khusus sebelum bisa digunakan dan disebarluaskan. Dalam tahap ini, dilakukan pula pemilihan data yang dibutuhkan oleh teknik data mining yang akan dipakai. Tahap inilah yang akan menentukan kualitas dari data mining.
d. Aplikasi teknik data mining
Ini merupakan salah satu langkah dari proses data mining. Gunakan teknik data mining yang sesuai dengan hasil yang dibutuhkan.
e. Evaluasi pola yang ditemukan: Dalam tahap ini hasil dari teknik data mining berupa pola pola yang khas maupun model prediksi dievaluasi untuk menilai apakah hipotesis yang ada memang tercapai.
e. Presentasi pola
Tahap terakhir dari proses data mining adalah bagaimana formulasi keputusan atau aksi dari hasil analisis dari data mining. Dalam presentasi ini, visualisasi juga dapat membantu mengkomunikasikan hasil data mining
Demikian ulasan tentang pengertian data mining: apa itu data mining. baca juga tulisan tentang pengertian dan definisi menurut para ahli di apa pengertian ahli
Referensi
http://gunawan-ndra.blogspot.com/2013/03/pengertian-data-mining-menurut-para.html
Advertisements
Pengertian Data Mining: Apa itu Data Mining | Harian Netral | 4.5