Pengertian dan Definisi Negara menurut para ahli

Advertisement


loading...

Definisi negara
Banyak definisi tentang negara yang dikemukakan oleh para pemikir-pemikir besar kenegaraan sejak zaman Yunani Kuno hingga kini. Beberapa nama yang hingga kini menghiasi ilmu negara sejak era Socrates, Plato, Aristoteles atau Thomas aquinas, Ibnu Khaldun, Ibnu Rushd, Thomas Hobbes, John Locke, Monstequieu, Rousseau di abad pertengahan hingga filsuf di era modern seperti John Stuart Mill, Hegel, Karl Marx, Santayana. Karya besar yang dihasilkan umumnya merupakan produk positif renungan atas penyikapan terhadap situasi dan kondisi negara saat itu yang, biasanya memprihatinkan. Di abad modern sejumlah ahli  ketata negaraan memberikan definisi negara.
Pengertian negara menurut Roger H.Sultan 
“Negara adalah alat (agency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama, atas nama masyarakat.
Definisi Negara menurut Max weber
” Negara adalah suatu masyarakat yang memiliki monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah”
Definisi Negara menruut Robert M. Maclver
“Negara adalah asosiasi yang menyelenggarakan penertiban di dalam suatu masyarakat dalam suatu wilayah dengan berdasarkan sistem hukum yang diselenggarakan oleh suatu pemerintahan yang untuk maksud tersebut diberi kekuasaan memaksa
Pengertian negara menurut Harold J.Laski
” Negara itu adalah puncak gedung pergaulan hidup masa ini, dan keistimewaan sifat negara itu terletak pada hak-haknya yang melebihi hak hak persekutuan masyarakat. Jadi negara itu adalah satu alat guna mengatur tingkah laku manusia.
Definisi negara menurut para Jean Bodin
” Keseluruhan dari keluarga-keluarga dengan segala miliknya yang dipimpin oleh akal dari seseorang penguasa yang berdaulat.
Demikianlah ulasan tentang definisi negara menurut para ahli, baca juga tulisan tentang pengertian lain di bawah tentang tulisa terkait apapengertianahli tulisan.
Like dan share yah bila suka…..
Advertisements
Pengertian dan Definisi Negara menurut para ahli | Harian Netral | 4.5