Pengertian Budaya Politik Partisipan

Advertisement


loading...

(Apa Pengertian ahli) Budaya Politik partisipan adalah budaya politik yang lebih  tinggi tingkatannya daripada subjek. Dalam budaya politik partisipan, individu mengerti bahwa mereka adalah warga negara yang memiliki sejumlah hak dan kewajiba. Hak misalnya menyatakan pendapat, memperoleh pekerjaan, penghasilan, pendidikan dan di sisi lain kewajiban untuk, misalnya, membayar pajak.
Pengertian Budaya Politik Partisipan
Buku Politik
(Apa pengertian ahli) Dalam budaya politik partisipan mereka sering merasa bebas mendisuksikan masalah politik. Mereka merasa bahwa hingga tingkatan tertentu, dapat mempengaruhi jalannya perpolitikan negara. Mereka merasa bebas dan mampu mendirikan organisasi politik baik untuk memprotes atau mendukung pemerintah. Jika tidak mendirikan organisasi politik, mereka banyak bergabung dalam organisasi sukarela baik yang bersifat politik maupun tidak. Saat mengikuti pemilu mereka cukup berbangga hati.
(Apa pengertian Ahli) Budaya politik partisipan terutama banyak terjadi di negara negara dengan tingkat kemakmuran dan keadilan yang cukup tinggi. Jarang budaya politik partisipan terdapat di negara yang masih bercorak otoritarian, totaliter, ataupun terbelakang secara ekonomi. Atau juka tidak makmur secara ekonomi, maka budaya politik partisipan muncul dalam sistem politik yang terbuka seperti demokrasi liberal.
Sekian ulasan tentang pengertian budaya politik partisipan. baca juga tentang pengertian politik dan pengertian demokrasi menurut para ahli
Advertisements
Pengertian Budaya Politik Partisipan | Harian Netral | 4.5