Ideologi dan Filsafat Menurut Ali Syariati

Advertisement


loading...

Ideologi dan Filsafat Menurut Ali Syariati

(Apa pengertian ahli) Untuk lebih memahami apa pengertian ideologi, mari baca pendapat Ali Syari’ati tentang ideologi dan filsafat serta bagaimana tingkatannya dalam perbaikan atau perubahan masyarakat.

(Apa pengertian ahli) Kegiatan Filsafat adalah suatu usaha untuk bisa memahami yang umum dan yang masih gelap, yaitu yang tidak bisa dijangkau oleh ilmu pengetahuan (baca pengertian ilmu pengetahuan) seperti tentang hari depan manusia, makna eksistensi, tujuan hidup, posisi manusia di tengah alam semesta, dan sebagainya. Ilmu pengetahuan berhubungan dengan detail, relasi dan proses berbagai objek dan fenomena dalam dunia fisik, sedangkan filsafat mempertanyakan kemungkinan yang ideal, menukik ke dalam kebenaran dan substansi dari fenomena dan konsep konsep yang terdapat dalam alam semesta dan alam pikiran. Jadi filsafat adalah ilmu pengetahuan yang mengatasi ilmu pengetahuan.
Pengertian Ideologi dan Filsafat
Ideologi
(Apa pengertian ahli) Perbedaanya dengan ideologi menyangkut metodologi. Ilmu pengetahuan berkaitan dengan judgement de faite, yaitu evaluasi dan pertimbangan tentang realitas eksternal, tentang fakta dan substansi. Selanjutnya orang akan memasuki pendekatan baru, yaitu dengan mempergunakan judgement de valeur. Hal ini berkaitan dengan penilaian tentang karakter dan kualitas dari fenomena. Disinilah orang mulai memasuki pemikiran yang bersifat ideologi, yaitu ketika orang merasa terlibat dalam berhadapan dengan persoalan dan isu.



(Apa pengertian ahli) Agar dapat berpikir secara ideologi, Ali Syaria’ti mengusulkan tiga tahapan atau langkah yang harus dilalui. Langkah pertama adalah tahap ketika orang mengerti dan menerima kenyataan alam, eksistensi dan manusia. Pada langkah kedua, suatu cara tertentu telah dipakai untuk memahami dan menilai semua hal ihwal dan gagasan yang membentuk lingkungan mental dan sosial. pada tahap ketiga harus muncul usulan, metode dan pendekatan dan cita cita yang dapat dipakai untuk mengubah status quo. Pada tahap ketiga itulah ideologi harus mulai menunaikan misinya dengan mempersenjatai pendukungnya dengan usulan, tujuan dan cita cita serta rencana rencana praktis. Atas basis itulah kondisi masyarakat (baca pengertian masyarakat) yang berlaku harus diubah dan bergerak maju. 

(Apa pengertian ahli) Ideologi menuntut kaum intelektual agar merasa terpanggil. Bagi ideolog, ideologi merupakan keperluan. Tapi ideologi akan selalu mulai dengan tahap kritik, yakni kritik terhadap status quo yang tercermin dalam berbagai aspek kondisi masyarakat kultural, ekonomi, politik, dan moral.
Sekian ulasan singkat tentang Ideologi dan Filsafat menurut Ali Syariati. Untuk lebih mengerti tentang ideologi, baca juga pengertian ideologi menurut para ahli dan pengertian ideologi pancasila menurut para ahli.
Terima kasih telah Like dan Share di Google plus, Facebook profile, atau di media sosial lain
Advertisements
Ideologi dan Filsafat Menurut Ali Syariati | Harian Netral | 4.5