Penyakit Kulit Scabies dan Gejalanya

loading...
Advertisement


loading...

(Penyakit-Gejala-Obat)

Apa itu Scabies ?

Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu, tungau, mite (sarcoptes scabei). kutu ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop. 

kutu Sarcoptes penyebab Scabies. source: wikipedia.org

Bagaimana Scabies Menular ?

Penularan penyakit scabies dapat mudah menular dari orang ke orang, dari hewan ke orang dan sebaliknya. Penyakit kulit  Scabies mudah menyebar  secara langsung hanya dengan bersentuhan langsung dengan penderita penyakit kulit scabies
Penyakit kulit scabies juga mampu menular secara  tidak langsung dengan medium penyebaran seperti baju, handuk, air, seprei dan bantal yang masih terdapat kutu Sarcoptes. Penyakit kulit scabies ditandai dengan sensasi gatal pada permukaan kulit khususnya pada bagian selangkangan, pada bagian tangan seperti siku dan sela-sela jari pada tangan atau kaki. Rasa gatal ini menyebabkan penderita scabies menggaruk kulit bahkan bisa menimbulkan luka dan infeksi yang berbau aneh. Munculnya rasa gatal terjadi akibat kaki sarcoptes membuat lubang dibawah permukaan kulit saat bergerak dibawah kulit.

wikipedia. scabies pada lengan

Scabies pada kaki. Source :wikipedia.org

Penyakit Scabies terjadi karena kondisi kebersihan yang kurang terjaga, sanitasi yang buruk, kurang gizi, dan kondisi ruangan terlalu lembab dan kurang mendapat sinar matahari. Penularan penyakit kulit Scabies menyebar secara cepat pada suatu kelompok masyarakat dan tindakan penanggulangan adalah dengan menyeluruh ke kelompok tersebut.
Terdapat beberapa gejala yang menunjukkan terjadinya penyakit kulit scabies yaitu munculnya bercak merah pada kulit yang disertai dengan iritasi dan sensasi gatal . Gejala ini terjadi terutama di sela-sela jari, selangkangan, lipatan paha, dan siku. Selain itu, gejala lainnya adalah munculnya gelembung berair di kulit serta munculnya garis berwarna merah tanda terowongan yang digali oleh kutu Sarcoptes.
Pencegahan yang dapat dilakukan untuk menjauhi Sarcoptes adalah dengan hidup bersih. Bersihkan seprei dan alat mandi serta perlengkapan tidur 2 kali seminggu atau ganti tiap hari, jemur di sinar matahari bila tidak dicuci, usahakan jangan pakai sesuatu yang lembab.
Pengobatan penyakit kulit scabies itu dilakukan dengan menggunakan resep dokter.
Peremetrin merupakan obat yang paling dianjurkan dan cukup mahal untuk mengobati penyakit scabies. Obat ini digunakan sebelum tidur selama 14 jam yang dioleskan pada bagian leher ke bawah. Setelah 14 jam kemudian mandi.
Obat lainnya untuk Scabies adalah Ivermectin, yaitu pengbatan dengan diminum yang menunjukkan hasil yang cukup memuaskan dalam dunia medis dalam mengobati scabies, bahkan hanya dengan sekali minum (sering terjadi). Akan tetapi Ivermectin tidak dianjurkan untuk Balita. Ivermectin merupakan obat scabies yang murah dan mujarab.

Lokasi penyebaran Scabies pada kulit. Source : wikipedia.org
Advertisements
Penyakit Kulit Scabies dan Gejalanya | Harian Netral | 4.5