Apa Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

loading...
Advertisement


loading...

Pengertian Demokrasi

Pengertian Demokrasi|  (Apa pengertian ahli) Pengertian Demokrasi yang mendasar adalah kebebasan, perbedaan pendapat. Pengertian demokrasi dapat juga sebagai unjuk kekuasaan dalam mayoritas terhadap minoritas, kekuasaan ditangan mayoritas dan banyak lagi lainnya yang membuat orang pada umumnya terutama yang berada dalam tahta kekuasaan memberikan pengertian salah terhadap demokrasi.

Kemudian akan muncul pertanyaan dibenak kalian, apa sebenarnya demokrasi itu? Apakah Sebuah negara modern harus memakai sistem demokrasi? Apakah Yunani Sebagai peletak dasar Demokrasi pada tahun 5 SM yang harus dijadikan dasar dari pengertian demokrasi?
Kemudian, seiring berjalannya waktu sejak Yunani mengaplikasikan demokrasi nya mereka, definisi demokrasi pun beradaptasi sesuai dengan kebutuhan manusia terhadap kebebasan perbedaan pendapat. Perubahan tersebut tentu saja tidak lepas dari dua kata pembentuk demokrasi dalam bahasa yunani yaitu demos dan kratos yang berarti rakyat dan pemerintahan, atau dengan kata lain arti dasar demokrasi adalah pemerintahan rakyat.
pengertian demokrasi menurut para ahli demokrasi
Pemilu dalam demokrasi. Source: Wikipedia.Id oleh Rama

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Untuk mengerti lebih jauh tentang apa pengertian demokrasi, silahkan baca beberapa pengertian demokrasi menurut para ahli dibawah ini:

Arisoteles: Definisi demokrasi 

Pengertian demokrasi adalah sebagai kebebasan, atau prinsip dari demokrasi adalah kebebasan karena hanya lewat kebebasan setiap warga negara dapat saling berbagi kekuasaan. Aristoteles mengatakan bahwa ada dalam setiap orang atau individu sebagai warga negara itu seimbang dalam jumlah yaitu 1 dan 1 dan tidak dilihat dari nilai dari 1 orang tersebut. Dia menambahkan bahwa seseorang yang hidup tanpa bebas memilih cara hidupnya sama saja dengan budak.

Pengertian Demokrasi Menurut Wikipedia.id

Pengertian demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang semua warga negaranya memiliki hak yang setara dalam mengambil kebijakan yang dapat mempengaruhi hidup mereka. Berdasarkan pengertian demokrasi memberikan izin secara langsung maupun melalui perwakilan dalam rancangan, pengembangan serta pembuatan aturan. Demokrasi harus memperhatikan kondisi sosial, ekonomi serta budaya yang memberikan kemungkinan dalam aplikasi kebebasan politik secara bebas dan setara
Menurut Henry B. Mayo: Pengertian Demokrasi
Dalam Sistem Politik Demokratis, kebijakan umum yang diambil oleh suatu pemerintahan ditetapkan oleh mayoritas wakil-wakil rakyat (DPR di Indonesia) yang diawasi secara efektif oleh rakyat. Penentuan kebijakan juga harus menjunjung tinggi kebebasan berpolitik.
Kranemburg: Pengertian Demokrasi
Kraneburg mengartikan demokrasi sesuai dengan arti dasarnya yaitu cara memerintah rakyat.
Koentjoro Poerbopranoto: Definisi Demokrasi
Dia mengatakan bahwa demokrasi adalah sebuah sistem dimana rakyat ikut berpartisipasi secara aktif dalam pemerintahan negara.
Menurut Harris Soche: Pengertian Demokrasi
Demokrasi adalah pemerintahan yang kekuasaanya melekat pada rakyat atau demokrasi adalah pemerintahan rakyat.
Menurut Abraham Lincoln: Definisi demokrasi
Mantan presiden Amerika ini berpendapat bahwa demokrasi adalah pemerintah dari, oleh, dan untuk rakyat.
Menurut Charles Costello
Pengertian demokrasi adalah sistem sosial dan politik pemerintahan diri dengan kekuasaan-kekuasaan pemerintah yang dibatasi hukum dan kebiasaan untuk melindungi hak-hak perorangan warga negara.
Kemudian, beberapa ahli mengemukakan pengertian demokrasi yang lebih bertanggung jawab dengan menitik beratkan bahwa warga yang dimaksud adalah warga dewasa dari sebuah negara. Untuk negara Indonesia, Warga dewasa apabila telah memiliki KTP, berumur 18 tahun keatas atau dan sudah menikah.
Ayo simak arti demokrasi menurut mereka.
Sidney Hook: Pengertian demokrasi 
Pengertian Demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.
Samuel Huntington: Definisi Demokrasi 
Demokrasi ada jika para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dalam sebuah sistem dipilih melalui suatu pemilihan umum yang adil, jujur dan berkala dan di dalam sistem itu para calon bebas bersaing untuk memperoleh suara dan hampir seluruh penduduk dewasa dapat memberikan suara.

Pengertian Demokrasi menurut Prof. Mr. Muhammad Yamin
Demokrasi merupakan dasar pembentukan pemerintahan dan masyarakat yang di dalamnya kekuasaan memerintah atau mengatur dipegang secara sah, melainkan oleh segala anggota masyarakat.

Definisi Demokrasi menurut Maurice Duverger
Arti demokrasi adalah “termasuk cara pemerintahan dimana golongan yang memerintah dan yang diperintah, adalah sama dan tidak terpisah -pisahkan.

 
Berdasarkan pendapat para ahli diatas dapat diambil beberapa poin utama tentang demokrasi yaitu:
Pembagian Demokrasi berdasarkan Cara Pengambilan Keputusan
 
  1. Demokrasi langsung (Direct Democracy) yaitu demokrasi yang mengambil arti demokrasi sebagai pengambilan keputusan secara langsung tiap warga negara yang tanpa diwakili oleh siapapun. Demokrasi jenis pada kebanyakan negara hanya diterapkan dalam pemilihan umum (Pemilu) untuk menentukan pemimpin dan perwakilan (senat/DPR). Untuk beberapa negara seperti Switzerland menerapkan demokrasi langsung ini dalam penentuan kebijakan negara mereka. 
  2. Demokrasi tidak langsung yaitu demokrasi yang mengambil arti demokrasi sebagai pengambilan keputusan oleh perwakilan warga negara. Perwakilan ini juga dipilih oleh warga negara melalui pemilu. Dalam pengambilan keputusan atau pembuatan kebijakan untuk kesejahteraan warga negara, Perwakilan ini terkadang tidak mengambil saran ataupun masukan secara umum sebelumnya kepada warga yang mereka wakili sehingga dalam demokrasi tidak langsung, warga tidak dilibatkan secara aktif berpartisipasi. Contoh demokrasi tidak langsung adalah Indonesia yang penerapannya pun masih ambur adur.

Fungsi Demokrasi sebagai sistem pemerintahan (dikutip dari stanford.edu)

 
  1. Sistem politik yang memberikan kekuatan dalam memilih pemimpin rakyat dan pemerintahan secara bebas dan adil dalam pemilihan umum.
  2. Memberikan individu sebagai warga negara untuk aktif berpartisipasi dalam politik dan sebagai warga sipil
  3. Memberikan perlindungan terhadap hak asasi warga negara
  4. Menghasilkan sebuah aturan yang berlaku untuk semua warga negara tanpa pandang bulu
Beberapa ahli politik dan Pemerintahan memang telah memberikan kritikan terhadap demokrasi, salah satu kritikannya adalah bahwa penerapannya tidak efisien dari segi waktu dan kurang efektif dari segi kebijakan yang diambil. Hal ini menurut para ahli banyak terjadi pada negara yang memiliki pendapatan perkapita yang rendah dan kurang pendidikan serta lembaga independen untuk rakyat. Kritikan lain terhadap demokrasi baik itu langsung maupun langsung adalah sering terjadi pemalsuan suara dalam pemilu, pembelian suara dalam pemilu, suasana politik pemerintahan yang tidak stabil (baca pengertian politik) dikarenakan perubahan pemimpin yang terjadi secara berkala dan ketidakstabilan pendapat publik.
Sekian tulisan kami tentang apa pengertian demokrasi menurut para ahli. Kami berharap anda dapat membagikan tulisan ini kepada yang lain agar tersadarkan akan pentingnya berpendapat dan memilih bertanggung jawab dalam demokrasi yang mereka perjuangkan. Salam Perjuangan
Baca juga tulisan kami lainnya di www.apapengertianahli.com
Advertisements
Apa Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli | Harian Netral | 4.5