PENGERTIAN PROTEIN DAN FUNGSI PROTEIN

loading...
Advertisement


loading...

Setelah membaca beberapa artikel tentang  protein, polipeptida, fungsi protein dan tentang apa itu protein, saya berminat untuk memposting tulisan ini.

Pengertian Protein

Pengertian Protein adalah rantai polipeptida yang tersusun atas asam-asam amino yang berikatan dengan ikatan peptida atau ikatan lain tergantung strukturnya yang memiliki fungsional bagi sel.
Pengertian protein menurut ahli gizi adalah kelompok makronutrisi yang tersusun atas berbagai macam asam amino yang berfungsi sebagai zat pembangun dan katalisator dalam metabolisme. Manusia sebagai organisme heterotrof tidak dapat membuat protein dengan sendirinya akan tetapi dengan mencerna makanan.
Protein juga merupakan makroorganik yang kompleks yang pada dasarnya tersusun atas atom hidrogen, oksigen, karbon, dan nitrogen. Gugus pada asam amino juga menentukan kandungan atom yang menyusun protein tersebut. Sehingga juga terdapat protein yang mengandung fosfor dan sulfur. Protein juga dapat bersifat asam maupun basa tergantung asam amino yang menyusunnya.

Protein juga merupakan salah satu dari 3 nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein merupakan bahan dasar dari pembelahan sel, dan paling penting sebagai bahan dasar materi genetik. Hal inilah yang membuat protein dinamakan protos dalam bahasa Yunani yang artinya yang paling utama. Uniknya dalam katabolisme untuk energi tubuh, protein merupakan hal terakhir digunakan dikarenakan didahulukan untuk perbaikan dan pembelahan sel pada tubuh. Fungsi Protein
Protein sebagai zat utama dalam tubuh tentulah memiliki fungsi yang sangat vital pada tubuh dan sel organismel. Selain sebagai zat pembangun dalam tubuh dan sel, protein juga berfungsi dalam menyokong fungsi organ tubuh serta metabolisme yang terjadi. 
Fungsi protein yang lainnya dapat dibaca dibawah ini:
  1. Energi sebanyak 4,1 kalori dapat dihasilkan dari pembakaran 1 gram protein
  2. Protein dalam bentuk enzim dan hormon berperan dalam mengatur metabolisme tubuh.
  3. Untuk yang sedang diet rendah gula, protein sangat cocok untuk dijadikan pilihan utama
  4. Sebagai buffer dalam cairan tubuh dan darah yang akan mengontrol kadar pH dalam cairan tubuh.
  5. Protein merupakan bahan utama dalam sintesis seperti hormon, zat antibodi,dan organel sel lainnya
  6. Protein berfungsi sebagai pembantu dalam proses pertumbuhan pada anak-anak dan remaja karena sel-sel tubuh mendapat cukup protein yang sebagai zat pembangun.
  7. Protein juga berfungsi dalam dalam menetralkan atau menghancurkan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.
PENGERTIAN PROTEIN DAN FUNGSI PROTEIN
Sumber Protein yang memiliki berbagai fungsi
Advertisements
PENGERTIAN PROTEIN DAN FUNGSI PROTEIN | Harian Netral | 4.5