Pengertian Hipotiroidisme: Apa itu Hipotiroidisme

loading...
Advertisement


loading...

Apa itu Hipotiroidisme ?

Pengertian Hipotiroidisme | Seperti telah diketahui bahwa, kadar hormon tiroid yang rendah selama masa bayi akan menyebabkan bayi mengalami keterlambatan pertumbuhan dan keterbelakangan mental. Hipotiroidisme pada ibu dan bayi sering disebabkan oleh defisiensi iodine karena tiroid membutuhkan iodine untuk membuat hormon tiroid. World Health Organization memperkirakan bahwa terdapat sekitar 50 juta orang menderita kekurangan iodine (defisiensi), hal ini dihubungkan dengan kelainan dan kerusakan otak.
Apabila terdapat bayi yang setelah diperiksa kadar hormon tiroid yang rendah maka lansung saja diobati dengan memberikan asupan iodine dari luar ke dalam dietnya, atau dapat diberikan secara lansung dengan suntikan hormon tiroid ke dalam aliran darah. Hal ini harus dilakukan agar efek dari kekurangan hormon tiroid yaitu keterbelakangan mental dan kerusakan otak tidak terjadi pada bayi.
Pengertian Hipotiroidisme
efek hipotiroidisme

Pengertian Hipotiroidisme
efek hipotiroidisme

Hipotirodisme pada orang dewasa biasanya berkembang lebih lambat. Hipotirodisme dapat ditandai dengan gejala nonspesifik seperti letih, kurang tenaga, dan gangguan konstipasi. Gejala yang lebih mendekati adalah gangguan mental dan fungsi motorik, reflek yang lambat, kurang nafsu makan, dan merasa kedinginan adalah manifestasi klasik kurang cukupnyah hormon tiroid.

Pada wanita, gejala yang ditimbulkan akibat hipotiroidisme saat dewasa adalah menstruasi yang lebih derah atau lebih banyak dari biasanya, terjadinya infertilitas, kulit terasa kering, kuku mudah patah, dan rambut rontok. 
Pengertian Hipotiroidisme | Gejala yang paling dapat dikenali bahwa itu merupakan tanda hipotiroidisme adalah munculnya miksedema. Miksedema adalah bengkak (gembung) pada muka atau kaki maupun tangan yang disebabkan oleh akumulasi zat protein dan gula yang disebut mukopolisakarida. Hipotiroidisme dalam waktu yang lama dapat menyebabkan hipotermia yang dapat mengakibatkan seseorang koma.
Advertisements
Pengertian Hipotiroidisme: Apa itu Hipotiroidisme | Harian Netral | 4.5