Pengertian Hipertiroidisme: Apa itu Hipertiroidisme

loading...
Advertisement


loading...

Apa itu Hipertiroidisme ?

Pengertian hipertiroidisme adalah kelainan pada kelenjar tiroid dalam produksi hormon tiroid. Produksi hormon tiroid pada hipertiroidsme lebih banyak dibandingkan dalam keadaan normalnya. Hal ini mengakibatkan hormon tiroid yang mengalir dalam darah melewati batas normal serta kebutuhan tubuh terhadap energi.
Pada keadaan hipertiroidsme, terdapat lebih banyak hormon tiroid yang akan meningkatkan tingkat metabolisme basal (BMR) seseorang sehingga suhu tubuh akan lebih panas. Seseorang yang dengan hipertiroidisme akan memiliki suhu tubuh lebih hangat dibading orang normal dan lebih cepat resah serta emosi yang tidak stabil dikarenakan sensitifitas yang semakin tinggi akibat pengaruh tiroid dan energi pada sistem saraf.
Penderita hipertiroidisme akan mengalami kehilangan berat badan, akan tetapi nafsu makan pun akan meningkat sehingga efeknya tidak akan terlihat jelas pada penderita yang mapan. Gejala yang lainnya adalah buang air besar bertambah sering serta laju jantung yang meningkat. Pada saat tidur, penderita hipertiroidisme akan merasakan detak jantungnya berdetak kencang.
Salah satu yang dapat menyebabkan hipertiroidisme adalah penyakit graves. Penyakit ini merupakan gangguan terhadap sistem imun sehingga sistem imun akan menyerang tubuh sendiri dan mengikatkan diri ke reseptor TSH pada tiroid. Hal ini dapat menyebabkan produksi hormon tiroid lebih banyak. Keadaan yang dapat terjadi setelah terjadinya hipertiroidisme adalah gondok. Gondok adalah terjadinya peningkatan ukuran tiroid yang ditimbulkan karena tiroid bekerja terlalu berat sehingga akan tampak pengembungan pada leher dekat kerongkongan. Selain itu, mata akan lebih menonjol keluar dikarenakan akumulasi mukopolisakarida pada kelopak mata.
baca pengertian medis dan penyakit lainnya di apapengertianahli
penderita hipertiroidisme
penderita hipertiroidisme

Advertisements
Pengertian Hipertiroidisme: Apa itu Hipertiroidisme | Harian Netral | 4.5