Pengertian Biosintesis Protein

loading...
Advertisement


loading...

Pengertian biosintesis protein adalah rangkaian langkah yang dilakukan untuk membentuk protein yang dimulai dari basa-basa DNA yang ada kemudian ke RNA lalu ke bentuk protein itu sendiri.

DNA

DNA merupakan gudang informasi yang memberitahukan kepada sel tentang protein yang dibutuhkan oleh sel untuk tetap hidup yang sudah terkode pada DNA yang terdapat pada inti sel. Terdapat 4 jenis nukleotida yang mampu mengkode 20 asam amino dengan kombinasi kodon (3 nukleotida) yang ada.
Untuk dapat lebih tahu tentang bagaimana protein dibuat, DNA hanya menyimpan informasi yang akan dibuat, ini tidak berhubungan dengan bagaimana informasi tersebut digunakan. Sehingga langkah pertama dari biosintesis protein adalah transkripsi dari struktur DNA menjadi bentuk yang berguna. Langkah setelahnya merupakan translasi yang akan mengubah bentuk hasil transkripsi ke susunan asam amino.

Transkripsi

Sebelum informasi di kodekan, beberapa bagian dari DNA haru dibuka puntirannya. Sebuah pita dari RNA kemudian disintesis  dari bagian templat dari DNA.
Contohnya
DNA
3 T-A-C-A-A-G-C-A-G-T-T-G-G-T-C-G….5
Seperti contoh diatas, bagian dari DNA yang dimulai dari ujung-3 akan ditranskripsikan. Hal yang harus kalian ketahui dan perhatikan adalah RNA mengganti nukleotida T (timin) dengan Urasil (T) dan pasangan basa terbentuk dengan posisi berlawanan sehingga hasilnya akan selalu berbeda (terbalik).
Maka hasilnya seperti ini
5- A-U-G-U-U-C-G-U-C-A-A-C-C-A-G-C-3  (mRNA)
Translasi
RNA mesengger kemudian berikatan dengan ribosom. Pada organel ini RNA messenger akan ditranslasikan menjadi asam amino. Rangkaian asam amino kemudian digabungkan dengan RNA transfer (tRNA). Pada sitoplasma terdapat sedikitnya 60 jenis RNA transfer, yang sedikit berbeda pada strukturnya pada tiap sel. Pada salah satu ujung RNA transfer dapat berikatan dengan 3 nukleotida yang dikode berdasarkan RNA messenger pada ribosom yang nantinya akan disambung menjadi rantai asam amino (polipeptida).


pengertian biosintesis protein
Biosintesis protein

Sekian ulasan tentang pengertian biosintesis protein dan penjelasannya. Baca pengertian lainnya di apapengertianahli

Advertisements
Pengertian Biosintesis Protein | Harian Netral | 4.5