Diabetes bukanlah Penyakit: Pengertian Diabetes

loading...
Advertisement


loading...

Apa itu Diabetes

Diabetes bukanlah suatu penyakit akan tetapi sekelompok gangguan metabolisme yang terutama ditandai gangguan metabolisme melalui peningkatan kadar glukosa darah. Bentuk paling sering dijumpai di luar negeri sana adalah diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 dahulunya disebut sebagai diabetes yang tak bergantung pada insulin, atau noninsulin-dependent diabetes mellitus (NIDDM), atau diabetes yang muncul saat dewasa.

Diabetes ini terjadi karena terjadinya pengurangan pembebasan insulin serta ketidakberaturannya pembebasan insulin. Obesitas secara drastis meningkatkan resiko berkembangnya diabetes tipe 2. Mulainya penyakit ini biasanya perlahan dan sering tidak dikenali. Besarnya risiko ditentukan oleh banyaknya glukosa dalam darah. Apabila kadar kurang dari 126 mg/100 ml, penyembuhan sederhana seperti meningkatkan olah raga dan mengontrol diet. Pengobatan oral juga tersedia, bisa meningkatkan insulin dan pankreas atau merangsang reseptor sehingga lebih sensitif terhadap insulin. Menurut penelitian yang ada, orang kebanyakan menderita diabetes tipe 2 saat berusia diatas 40 dan kemungkinan untuk terjadi bertambah besar saat disertai dengan kegemukan (obesitas).

Bentuk diabetes yang kedua adalah tipe 1. Tipe 1 terdapat sekitar 5 % sampai 10 % penderita di dunia. Diabetes tipe satu juga disebut sebagai diabetes tergantung insulin atau insulin-dependent diabetes mellitus (IDDM atau diabetes yang dapat terjadi saat /pada anak-anak).

Bentuk diabetes ini dimulai sejak awal kehidupan dan disebabkan rusaknya sel-sel pulau oleh sistem imun sendiri selama beberapa tahun. Diabetes akut dapat mengakibatkan gelaja akut yang serius seperti akumulasi zat kimia yang disebut keton dalam darah. Zat keton seperti aseton dalam darah mampu mengakibatkan ketoasidosis yang menyebabkan terjadinya penurunan pH darah.
Keracunan keton dalam darah dapat menyebabkan koma dan bahkan kematian apabila tak diobati. 
Pada ibu hamil juga dapat terjadi diabetes. Diabetes yang terjadi pada kehamilan disebut diabetes kehamilan atau gestational diabetic mellitus (GDM) .

Diabetes kehamilan biasanya akan hilang setelah wanita melahirkan. Peningkatan kadar glukosa darah pada ibu hamil jarang mengancam jiwa fetus, namun memiliki pengaruh komplikasi selama kehamilan dan kelahiran. Pada kehamilan, terjadinya diabetes gestational merupakan indikator terhadap risiko terjadinya diabetes tipe 2 pada bayi tersebut setelah dia dewasa.

Pengobatan yang disarankan dokter untuk penderita diabetes gestational adalah manajemen diet dan injeksi insulin.
About these ads
Diabetes bukanlah Penyakit: Pengertian Diabetes | Harian Netral | 4.5