Apa yang menentukan struktur protein

loading...
Advertisement


loading...

Apa yang menentukan struktur protein

Pembaca telah mempelajari bentuk yang unik memberikan fungsi yang spesifik pada tiap protein. Akan tetapi anda pasti masih ragu tentang faktor apa saja yang menentukan struktur protein. 
Seutas rantai polipeptida dengan susunan asam amino tertentu dapat seccara spontan tersusun menjadi bentuk berdimensi tiga yang ditentukan dan dipertahankan oleh interaksi-interaksi yang bertanggung jawab pada struktur sekunder dan tersier. Pada saat protein disintesis dalam sel terjadi pelipatan secara normal. Akan tetapi, struktur protein juga ditentukan oleh faktor fisik dan faktor kimia di sekitar protein. Apabila terjadi perubahan pada pH, suhu, konsentrasi garam dan faktor lingkungan lainnya maka kemungkinan besar protein akan terurai kembali dan akan terjadi denaturasi. Protein yang mengalami denaturasi akan bersifat tidak aktif dikarenakan bentuknya telah cacat. Hal ini sesuai dengan penjelasan sebelumnya bahwa protein berfungsi bukan hanya karena susunan rantainya akan tetapi juga karena struktur yang ada.

struktur kimia asam amino 


Ada banyak penyebab terjadinya denaturasi protein, contohnya adalah pemberian pelarut organik pada sel seperti eter atau kloroform. Contoh lain seperti pengaruh suhu tinggi dan pemberian pH yang terlalu rendah akan menyebabkan denaturasi. Denaturasi pun dapat terjadi dengan spesifik merusak interaksi tertentu pada protein tertentu contoh pada struktur tersier protein, terdapat ikatan kovalen jembatan disulfida yang apabila ikatan kovalen ini diberikan zat kimia tertentu sehingga terjadi pelepasan ikatan akan mengakibatkan protein tersebut terurai menjadi bentuk sekundernya.
About these ads
Apa yang menentukan struktur protein | Harian Netral | 4.5