Apa itu Penyakit Leukimia ?

loading...
Advertisement


loading...

Definisi Penyakit Leukimia

Pengertian Leukimia adalah kanker pada pembuat sel darah manusia, termasuk pada  sumsum tulang, dan sistem limpha. Ada banyak jenis leukimia. Beberapa merupakan hal yang umum terjadi pada anak-anak dan lainnya sering terjadi pada orang dewasa. Leukimia dimulai dari sel darah putih. Sel darah putihmu merupakan hal yang berpotensi untuk melawan infeksi, sel darah putih normalnya tumbuh dan membelah diri secara bersistem, sesuai dengan kebutuhan tubuh. Akan tetapi yang terjadi pada penderita leukimia, sumsum tulang memproduksi lebih banyak sel darah putih, yang tidak berfungsi secara normal.
Perawatan untuk leukimia sangat kompleks, tergantung pada tipe leukimia dan faktor lainnya. Akan tetapi masih ada harapan untuk mengobati leukimia dengan strategis dan sumber daya yang tepat (Mayo Clinic)

Bagaimana Ciri-ciri penderita penyakit Leukimia? 

Ciri ciri penderita penyakit leukimia beragam, tergantung tipe penyakit leukimia yang dialami. Tanda penyakit leukimia yang umum ialah :
  1. Demam atau menggigil
  2. Tubuh lunglai terus
  3. Infeksi yang sering terjadi
  4. Berat yang terus berkurang tanpa disengaja
  5. Pembengkakan pada pembuluh atau titik limpa, bertambah besarnya hati atau limpa
  6. Pendarahan yang mudah terjadi
  7. Mimisan yang sering
  8. Bintil-bintil merah pada kulit
  9. Seringnya berkeringat, khususnya pada saat malam
  10. Tulang yang kesakitan

Saya sarankan saat mengalami ciri-ciri atau tanda terkenanya penyakit Leukimia untuk menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Bagaimana Penyakit Leukimia terjadi?

Pada umumnya, leukimia terjadi saat beberapa sel darah putih mengalami mutasi pada struktur DNA yang ada, sehingga terjadi kesalahan instruksi, yang menyebabkan sel tersebut mengalami abnormal dan membelah secara cepat dan terus menerus serta tidak mengalami apoptosis (mematikan sel) yang seharusnya pada sel normal mati. Setelah beberapa lama, sel sel darah putih yang abnormal tersebut dapat memangsa sel darah lainnya pada sumsum tulang, yang menyebabkan kekurangan darah (anemia) dan menjadi awal dari tanda-tanda penderita penyakit leukimia

Bagaimana Penyakit Leukimia dikelompokkan ?

Para ahli telah membagi penyakit leukimia berdasarkan tipe sel yang terlibat dan kecepatan pertumbuhan sel darah putih yang terkena.
Tipe pertama dari seberapa cepat leukimia tersebut berkembang :
Leukimia akut, sel darah putih yang tidak normal merupakan sel darah yang belum dewasa. Mereka tidak mampu untuk bekerja secara normal, dan mereka bertambah secara integral, sehingga memperburuk serta mempercepat penyakit leukimia. Leukimia akut membutuhkan perawatan dan pengobatan yang intensif, cepat.
Leukimia Kronis, merupakan tipe penyakit leukimia yang terjadi pada sel darah dewasa. Sel darah tersebut berkembang dan berfungsi normal sehingga dapat terjadi penundaan untuk beberapa waktu. Beberapa leukimia kronis sulit untuk dikenali ciri yang ada karena tidak memperlihatkan ciri-ciri utama lebih cepat, bahkan sering tidak terduga hingga beberapa tahun lamanya. 
Kemudian, penyakit leukimia berdasarkan tipe sel darah putih yang terinfeksi adalah:
Leukimia Limphatik, tipe penyakit leukimia ini mempengaruhi sel darah limfosit, yang akan membentuk jaringan limphoid atau limpatik. Jaringan limpatik akan menggangu sistem imun.
Leukimia myelogenus, tipe leukimia ini mempengaruhi sel mieloid. Sel mieloid dapat meningkatkan produksi sel dara merah, sel darah putih dan keping darah.
Pengobatan terhadap leukimia tergantung terhadap beberapa faktor. Doktor anda akan menggunakan pengobatan penyakit leukimia berdasarkan umur dan kesehatan anda, tipe penyakit leukimia anda, dan seberapa parah penyebaran pada tubuh anda.
Pengobatan Penyakit Leukimia yang umum terjadi adalah kemoterapi. Kemoterapi merupakan pengobatan yang sering dilakukan oleh penderita leukimia. Kemoterapi menggunakan zat-zat kimia untuk membunuh sel-sel leukimia. Hal tersebut juga tergantung tipe leukimia anda, anda dapat mendapatkan satu suntikan obat saja, atau bahkan kombinasi dari beberapa jenis obat-obatan. Obat-obatan tersebut dapat bebentuk pill atau bahkan disuntik pada pembuluh darah.
Terapi biologis, terapi biologis akan membantu sistem imun dalam mengenali dan menyerang sel darah putih yang leukimia.
Terapi target menggunakan obat-obatan tertentu untuk menyerang daerah spesifik pada sel kanker leukimia. Sebagai contoh obat Gleevec dapat menghentikan kerja protein dalam sel leukimia pada penderita penyakit leukimia myelogenus. Hal ini dapat mengontrol penyakit tersebut.
Terapi radiasi. Terapi radiasi menggunakan sinar x ataupun cahaya berenergi tinggi untuk merusak sel leukimia dan menghentikan pertumbuhannya. Selama proses radiasi, anda akan dibaringkan pada mesin besar disekeliling anda, yang akan menembak secara presisi daerah yang terdapat sel kanker leukimia. Jangan khawatir, sinar ini tidak akan menyakitimu.
Transplantasi sel stem. Transplantasi Sel stem merupakan prosedur yang digunakan untuk mengobati penyakit leukimia dengan mengganti sumsum tulang yang sakit dengan sumsum tulang yang sehat. Sebelum transplantasi sel stem, anda akan menerima kemoterapi dosis tinggi ataupun radiasi untuk menghancurkan sel sumsum yang sakit. Kemudian akan digantikan oleh sel stem melalui transfusi darah yang akan membentuk sumsum tulang yang baru. 
Advertisements
Apa itu Penyakit Leukimia ? | Harian Netral | 4.5